Bawaslu Agam bekali Panwas ilmu penanganan pelanggan

id Bawaslu Agam,Berita agam,Pemilu 2024,Berita sumbar

Bawaslu Agam bekali Panwas ilmu penanganan pelanggan

Koordinator Devisi Penanganan Pelanggaran dan Data Informasi Bawaslu Agam, Eri Efendi sedang membuka rapat fasilitasi pengawasan penyelenggaraan tahapan Pemilu serentak 2024 di Hotel Sakura Syariah Lubukbasung, Jumat (23/12). Antara/Yusrizal

Lubukbasung (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Agam, Sumatera Barat membekali anggota Panwas Kecamatan (Panwascam) ilmu pengetahuan tentang penanganan pelanggaran Pemilu serentak 2024.

Koordinator Devisi Penanganan Pelanggaran dan Data Informasi Bawaslu Agam, Eri Efendi di Lubukbasung, Jumat, mengatakan anggota Panwascam dibekali tentang langkah yang dihadapi dalam penanganan pelanggan Pemilu.

"Kita membekali anggota Panwascam tentang langkah yang dihadapi dalam penanganan pelanggan Pemilu dan sebelumnya kita juga memberikan materi lainnya," katanya rapat fasilitasi pengawasan penyelenggaraan tahapan Pemilu serentak 2024 di Hotel Sakura Syariah Lubukbasung, Kamis (23/12).

Ia menambahkan, ilmu yang dibekali itu fokus tentang alat bukti dan barang bukti dengan menghadirkan narasumber pihak kepolisian dan Kejaksaan.

Dengan cara itu, anggota Panwascam itu bisa memetakan potensi pelanggaran yang terjadi.

Ilmu yang diberikan itu dapat digunakan saat melakukan pengawasan dan maupun dalam persidangan pelanggaran apabila ada temuan.

"Jangan sampai saat pengawasan dan persidangan nantinya anggota Panwascam menyampaikan bahwa tidak dibekali ilmu tentang penanganan pelanggaran," katanya.

Ia menambahkan, tahapan Pemilu serentak 2024 sudah berjalan mulai pengawasan verifikasi administrasi partai politik, pengawasan penerimaan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Pada pengawasan verifikasi administrasi partai politik, Bawaslu Agam menemukan dugaan pelanggaran yang dilakukan KPU Agam dan saat ini masih dalam proses sidang.

"Kita menemukan dugaan pelanggaran tahapan verifikasi administrasi di Kecamatan Lubukbasung dan Tanjungmutiara," katanya.

Dalam waktu dekat, tambahnya, bakal masuk pengawasan verifikasi dukungan anggota DPD RI.

Agam merupakan kabupaten dan kota di Sumbar memiliki penduduk terbanyak kedua, sehingga berpeluang cukup tinggi untuk diambil sampelnya.

"Saat ini sudah 25 bakal calon anggota DPD RI yang mendaftarkan akunya," katanya.

Sementara Pelaksana tugas Sekretaris Bawaslu Agam, Yuli Zamra menambahkan rapat fasilitasi pengawasan penyelenggaraan tahapan Pemilu serentak 2024 diikuti oleh anggota Panwascam, Polres Agam, Dandim 0304 Agam dan lainnya.

"Narasumber pada rapat itu berasal dari mantan Komisioner Bawaslu Sumbar, Polres Agam dan Kejari Agam," katanya.

Rapat itu dalam rangka untuk menyamakan persepsi dan pemahaman yang sama terhadap aturan yang berlaku dalam menyongsong pemilu serentak terutama bagi Panwascam.