Kemenang Agam berikan 10 kali manasik bagi calon haji

id kemenag Agam, jamaah haji Agam,Pasaman barat

Kemenang Agam berikan 10 kali manasik bagi calon haji

Kepala Kantor Kemenag Agam Thomas Febria sedang memberikan arahan kepada calon jamaah haji, Senin (6/5/2024). Antara/HO-Humas Pemkab Agam. 

Lubuk Basung,- (ANTARA) - Kementerian Agama Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar) memberikan 10 kali bimbingan (manasik) pelaksanaan ibadah haji bagi 431 orang menjelang keberangkatan pada 12 Mei 2024.

Kepala Kantor Kemenag Agam Thomas Febria di Lubuk Basung, Senin, mengatakan calon jamaah haji sudah diberikan 10 kali bimbingan pelaksanaan ibadah haji, di tingkat kecamatan sebanyak delapan kali dan tingkat kabupaten dua kali.

"Pembekalan diberikan kepada 431 calon haji sejak beberapa pekan lalu," katanya.

Ia mengatakan pembekalan itu dalam rangka agar para calon haji melaksanakan ibadah dengan baik nantinya.

Rencananya, calon jamaah haji berangkat ke Asrama Haji Padang 12 Mei 2024, dan bertolak ke Tanah Suci pada 14 Mei 2024.

"Keberangkatan calon jamaah haji terbagi dua kloter, yaitu kloter dua dan kloter 17 bergabung dengan daerah lain. Untuk pendamping dan petugas haji diutus tujuh orang," katanya.

Ia mengakui dari 431 calon haji yang berangkat tahun ini, tercatat yang termuda atas nama Aisyah Chairani Harnedi (19), warga Kecamatan Banuhampu dan tertua Nursima (88) warga Kecamatan Ampek Koto.

"Tentu mereka sudah mendaftar, antre sejak beberapa tahun lalu dan tahun ini baru mendapat giliran untuk berangkat haji," katanya.

Sementara itu, Bupati Agam Andri Warman menambahkan Agam merupakan daerah kedua terbanyak setelah Kota Padang, yang memberangkatkan jamaah haji di Provinsi Sumbar.

"Kita bangga setiap tahun Agam memberangkatkan jamaah haji tidak kurang 400 orang," katanya.

Ia menambahkan calon jamaah haji Agam yang diberangkatkan setiap tahun merupakan indikator terwujudnya program pembinaan dan pembangunan keagamaan di daerah itu.

Meningkatnya jumlah calon jamaah haji yang berangkat ke Tanah Suci, juga menjadi salah satu indikator keberhasilan dalam meningkatkan taraf ekonomi masyarakat Agam.

"Saya berharap calon jamaah haji selalu menaati peraturan yang ada, tertib dan khidmat dalam melaksanakan tuntunan ibadah, sehingga dapat melaksanakan rangkaian pelaksanaan ibadah haji dengan baik, dan kembali ke Tanah Air dalam keadaan sehat," katanya.