Menduga lawan curang, Magnus Carlsen mundur di pertandingan catur online

id Catur,Magnus Carlsen,Hans Niemann

Menduga lawan curang, Magnus Carlsen mundur di pertandingan catur online

Pecatur Norwegia Magnus Carlsen tengah bertarung melawan tim Moldova dalam Olimpiade Catur 2022 di Mahabalipuram pada 8 Agustus 2022. (Photo by Arun SANKAR / AFP) (AFP/ARUN SANKAR)

Jakarta (ANTARA) - Juara catur dunia Magnus Carlsen seketika mengundurkan diri dari pertandingan melawan pecatur Amerika Serikat Hans Niemann dengan menyalakan kembali kontroversi kecurangan yang sedang berlangsung dalam cabang olah raga ini.

Setelah memainkan hanya satu langkah melawan Niemann pada Senin malam dalam turnamen catur online "Julius Baer Generation Cup", Carlsen mengundurkan diri tanpa mengeluarkan sepatah kata pun dan mematikan webcam-nya di depan para komentator yang terhenyak kaget.

Juara dunia lima kali berusia 31 tahun itu tidak memberikan penjelasan, tetapi sikapnya dipandang sebagai protes atas pecatur Amerika Serikat yang berusia 12 tahun lebih muda itu.

Sepekan lalu, Carlsen mengundurkan diri dari Piala Sinquefield di AS setelah dikalahkan Niemann yang merupakan bintang muda yang sedang naik daun dalam dunia catur tetapi dulu pernah mengaku bermain curang dalam catur online.

Dalam sebuah pesan yang luas dianggap sebagai sindiran, Carlsen memposting video tahun 2014 tentang pelatih sepakbola Jose Mourinho dalam Twitter yang waktu itu menangani Chelsea.

"Saya lebih memilih bungkam. Jika saya berbicara, saya dalam masalah besar," kata pelatih asal Portugal yang dianggap banyak orang tengah memprotes sesuatu.

Keputusan mundur pecatur Norwegia itu seketika memicu kembali kontroversi.

"Ini peristiwa yang baru kali ini terjadi," kata master catur Belanda Anish Giri kepada stasiun televisi TV2 Norwegia.

"Saya sungguh bisa memahami sudut pandang Magnus karena tidak mempercayai penuh dia (Niemann) karena Magnus tahu tentang kecurangan online yang berulang kali dilakukan dia (Niemann)," sambung Giri seperti dikutip AFP.

Diwawancarai oleh situs web Chess24, pecatur Amerika Levon Aronian mengaku "memahami kekecewaan Magnus."

"Saya berusaha netral. Saya percaya Hans bukanlah orang yang paling bersih dalam hal catur online. Tapi dia masih muda, semoga ini menjadi pelajaran baginya,” kata Aronian.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Magnus Carlsen mundur karena lawan diduga curang dalam catur online