Padang Pariaman kirim 23 atlet ikuti Kejurnas Silat Pelajar

id Kejurnas Silat Pelajar,IPSI) Padang Pariaman,atlet padang pariaman,Berita Padang Pariaman

Padang Pariaman kirim 23 atlet ikuti Kejurnas Silat Pelajar

Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Padang Pariaman, Sumbar Dedi Salim (kiri) melepas atlet tersebut di 2x11 Enam Lingkuang. ANTARA/Aadiaat M. S. 

Pariaman (ANTARA) - Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat mengirimkan 23 atletnya untuk mengikuti Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Pencak Silat antar Satuan Tingkat Pendidikan Nasional atau pelajar di Kota Payakumbuh yang dilaksanakan mulai dari 6 sampai 11 September 2022.

"Kami mengucapkan selamat bertanding dan junjung tinggi sportifitas karena silat itu intinya adalah silaturahim," kata Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Padang Pariaman Dedi Salim saat melepas atlet tersebut di 2x11 Enam Lingkuang, Senin.

Ia mengatakan kejuaraan tersebut bukan sekadar ajang untuk menang dan mendapatkan medali namun menunjukkan pesilat Padang Pariaman dapat bertanding ditingkatkan nasional.

Oleh karena itu, ia meminta pesilat yang akan mengikuti Kejurnas tersebut dapat menjaga nama baik sekolah masing-masing dan Padang Pariaman.

Pada kesempatan tersebut ia juga menyampaikan akan mengupayakan silat sebagai salah satu ekstrakurikuler wajib sekolah di Padang Pariaman karena seni bela diri itu berisi nilai-nilai sosial dan budaya Minangkabau.

"Orang Minang itu rajin salat, pandai mangaji dan bersilat," katanya.

Ia mengharapkan silat banyak dipelajari dan dikuasai oleh generasi muda di Padang Pariaman sehingga seni bela diri itu tidak hilang karena perkembangan zaman.

Ketua Harian IPSI Padang Pariaman Aljetra Gusni mengatakan daerah itu memiliki 11 perguruan silat aktif yang tersebar di kabupaten itu dengan memiliki sekitar 30 sasaran.

"Untuk Kejurnas ini kami menargetkan dua emas, namun yang paling penting bagaimana anak-anak ini memiliki berani tampil," kata dia.

Selama pandemi COVID-19 pihaknya tidak dapat melaksanakan pelatihan dan mengikuti Kejurnas khususnya untuk pelajar.

Namun untuk kejuaraan silat tingkat dewasa pihaknya dapat mengikutsertakan empat orang atlet yang tiga di antaranya mendapatkan medali emas.

"Dengan adanya pengurus IPSI baru ini kedepannya akan terus melakukan berbagai pembenahan untuk kemajuan silat di Padang Pariaman," tambahnya.