BKKBN minta AKU Sumbar ikut berperan tekan stunting

id BKKBN sumbar,AKU Sumbar,Berita sumbar,Berita padang

BKKBN minta AKU Sumbar ikut berperan tekan stunting

Asosiasi Kelompok UPKKA (AKU) Sumbar menggelar Musyawarah Daerah mencari ketua dan pengurus baru di Kantor BKKBN Sumbar pada Rabu (1/9)

Padang (ANTARA) - Perwakilan Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sumatera Barat meminta Asosiasi Kelompok UPKKA (AKU) Sumbar ikut berperan dalam menekan angka stuting di daerah itu.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatra Barat (Sumbar), Fatmawati saat meresmika Musyawarah Daerah Asosiasi Kelompok Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (UPPKA) di Padang, Rabu mengatakan pihaknya terus berupaya keras agar eksistensi AKU Sumbar bisa ditopang oleh struktur kepengurusan yang stabil.

"Kita berharap AKU bisa mewarnai program bangga kencana ditambah program penurunan stunting," kata dia.

Apalagi tujuan utamanya untuk pemberdayaan ekonomi keluarga yang termasuk dalam akseptor KB yang tentu membantu ekonomi keluarga.

"Ini tentu berperan dalam penanganan stunting karena ekonomi keluarga yang sehat mampu menyediakan makanan yang beragam dengan kandungan gizi yang bagus," kata dia.

UPPKA yang merupakan singkatan dari Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Aseptor diharapkan mampu memicu pergerakan ekonomi mikro dimulai dari keluarga.

Sementara itu, Ketua AKU Sumbar Elizawati atau yang akrab disapa Bunda Revan mengatakan sejumlah program kerja telah berhasil dilaksanakan selama masa kepengurusannya. Diantaranya program pendampingan terhadap UPPKA, bimbingan teknis (bimtek), pelatihan keterampilan tata boga, kerajinan, jasa, pelatihan pemasaran, kerjasama dengan SKPD dan dana Pokir DPR untuk membina UPPKA.

Ia mengakui kegiatan sempat terkendala Pandemi COVID-19, namun dirinya optimis di kepengurusan baru ini proker-proker bisa kembali bergerak.

"Harapannya AKU bisa terus membuat program-program bermanfaat untuk Sumbar yang tentu ada singkronisasinya dengan program AKU Pusat," kata dia.

Sementara Ketua Panitia Musda AKU Sumbar, Armen Azhari mengatakan dalam Musda ini nantinya akan memilih ketua baru dan memperbaharui kepengurusan.

Menurut dia kepengurusan ini berakhir 2020 lalu namun karena terhalang pandemi Covid-19, Musda ditunda sampai bisa terlaksana hari ini.

"Kita berharap dengan Musda ini bisa mencapai tujuan sesuai tema yang diangkat yakni Konsolidasikan organisasi bina UPPKA. Kita tingkatkan ketahanan keluarga yang bebas stunting," kata dia.