Ginting buka kemenangan pertama Indonesia di semifinal Piala Thomas

id Anthony sinisuka ginting,piala thomas 2024,thomas cup 2024,piala thomas-uber 2024

Ginting buka kemenangan pertama Indonesia di semifinal Piala Thomas

Ilustrasi- Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting berusaha mengembalikan kok ke arah lawannya pebulu tangkis tunggal putra Thailand Panitchaphon Teeraratsakul dalam babak kualifikasi grup piala Thomas 2024 di Chengdu Hi Tech Zone Sports Center Gymnasium, Chengdu, China, Senin (29/4/2024). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww.

Chengdu, China (ANTARA) - Tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting membuka kemenangan pertama Indonesia atas Taiwan pada babak semifinal Piala Thomas 2024, Sabtu.

Ginting menang atas unggulan pertama Taiwan Chou Tien Chen melalui dua gim langsung dengan skor 21-18, 21-19 dalam tempo 51 menit pada laga yang digelar di Chengdu Hi Tech Zone Sports Center Gymnasium, Chengdu, China.

“Bersyukur bisa bermain dengan baik, dan cukup senang dengan performa hari ini. Naik-turun di lapangan, kami sama-sama punya strategi, dan bisa me-manage dengan baik,” kata Ginting saat ditemui usai pertandingan.

Seperti ekspektasi, baik Ginting maupun Chen sudah sama-sama tahu pola permainan seperti apa yang harus mereka terapkan. Kedua pemain memiliki tipe permainan yang cepat dan rapat, sehingga untuk mengoleksi angka pun menjadi menantang.

Namun, Ginting berhasil mengamankan interval gim pertama, sebelum pada akhirnya Chou mengejar dan menyamakan kedudukan 12-12.

Selepas turun minum, Ginting terus memperpanjang jarak keunggulan hingga 19-13 hingga akhirnya merebut game point pertama. Namun, Chou tidak menyerah dan menambah lima angka beruntun untuk melambatkan laju skor Ginting, sampai Ginting merebut gim pertama dengan skor 21-18.

Gim kedua, Chou memberikan tekanan terlebih dahulu untuk Ginting sehingga wakil Indonesia sempat beberapa kali tertinggal. Setelah jeda singkat, tunggal putra peringkat tujuh dunia mulai mengejar dan menyamakan kedudukan 13-13, 15-15, dan 16-16.

Di poin-poin krusial ini, Ginting terlihat mulai mau bersabar dalam meladeni bola-bola dan reli panjang, sampai akhirnya kedudukan berbalik unggul, dan mengklaim gim kedua 21-19.

Sementara itu, ada empat wakil Indonesia lainnya yang akan berlaga pada babak empat besar Piala Thomas 2024 menghadapi Taiwan.

Selain Ginting, ada Jonatan Christie dan Chico Aura Dwi Wardoyo di sektor tunggal. Sementara di nomor ganda ada pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin.

“Bagi saya kemenangan ini cukup penting dengan merebut satu poin di awal. Semoga kemenangan awal ini bikin teman-teman semakin rileks dan termotivasi,” ujar Ginting.

Di sisi lain, ini merupakan ke-28 kalinya Indonesia lolos ke babak semifinal Piala Thomas sejak partisipasi pertama mereka di tahun 1958. Jika Indonesia kembali lolos ke babak final, ini akan menjadi tiga kali beruntun Merah Putih masuk ke partai puncak sejak 2020, dimana mereka terakhir kali membawa pulang Piala Thomas.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Ginting buka kemenangan pertama Indonesia di semifinal Piala Thomas