Erman Safar daftar ke Partai Demokrat ikuti Pilkada 2024

id Wali Kota Bukittinggi saat ini, Erman Safar,Bakal Calon Wali Kota Bukittinggi 2024-2029

Erman Safar daftar ke Partai Demokrat ikuti Pilkada 2024

Ketua Partai Gerindra yang juga Wali Kota Bukittinggi saat ini, Erman Safar menyerahkan formulir pendaftaran Bakal Calon Wali Kota Bukittinggi 2024-2029 ke Pengurus Partai Demokrat. (Antara/Al Fatah)

​​​​​​​Bukittinggi (ANTARA) - Wali Kota Bukittinggi saat ini sekaligus Ketua Partai Gerindra daerah setempat, Erman Safar mendaftarkan diri secara resmi ke Partai Demokrat sebagai bakal calon (Bacalon) Kepala Daerah periode 2024-2029, Sabtu.

Erman mengembalikan formulir pendaftaran yang telah dilengkapi ke Kantor Partai Demokrat didampingi Sekretaris Partai Gerindra, Reki Afrino dan diterima langsung oleh Sekretaris Partai Demokrat, Yerry Amiruddin.

"Terimakasih kepada Partai Demokrat yang membuka kesempatan kepada putra-putri terbaik sebagai Bacalon untuk mendaftar. Kami sudah berniat mendaftar sejalan dengan koalisi nasional," kata Erman Safar.

Ia menegaskan Partai Gerindra Bukittinggi sudah melengkapi persyaratan dan telah meminta ijin dan restu dari Sekretaris Jendral (Sekjen) Partai Gerindra, Ahmad Muzani.

"Kedatangan dan pendaftaran ini sudah saya sampaikan ke Sekjen Gerindra (Ahmad Muzani) dan senior Andre Rosiade. Politik saat ini masih dinamis dan kami optimis berkoalisi dengan pihak mana saja," kata Erman.

Ia mengatakan Kota Bukittinggi butuh perjuangan secara bersama. Erman mengaku yakin bahwa Partai Demokrat dan partai lainnya bisa disatukan membangun Kota Jam Gadang

"Salam hormat kepada Ketua Partai Demokrat (Ramlan Nurmatias) dan seluruh pengurus partai yang telah menerima dengan baik proses pendaftaran ini," kata Erman.

Hadir juga Ketua DPRD Bukittinggi asal Partai Gerindra, Benny Yusrial. Sementara Ketua Partai Demokrat yang juga merupakan Wali Kota Bukittinggi di periode 2016-2021, Ramlan Nurmatias tidak hadir dalam kegiatan ini.

"Partai Demokrat membuka pintu bagi seluruh Bacalon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bukittinggi sejak 22 April hinggga 6 Mei nanti. Hari ini Erman Safar mendaftar setelah sebelumnya ada dua kandidat lainnya," kata Sekretaris Partai Demokrat Bukittinggi, Yerry Amiruddin.

Dua Bacalon lainnya yang telah mengambil formulir pendaftaran ke Partai Demokrat adalah Andi Putra dari Partai Nasdem dan Heri Tito Rinaldi sebagai calon pendatang baru di Pilkada Bukittinggi.

"Andi Putra mengambil formulir pendaftaran kemaren (3/5) sementara Heri Tito sudah mengembalikan formulir namun masih ada berkas yang perlu dilengkapi," kata Yerry.

"Apresiasi kepada Erman Safar dan Pengurus Partai Gerindra, salam hangat kembali dari Ketua Demokrat Ramlan Nurmatias. Proses selanjutnya akan diserahkan ke Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Provinsi Sumbar hingga pusat," pungkas Yerry.

Sebelumnya di Pilkada 2020, Ramlan Nurmatias dan Erman Safar sama-sama berjuang memperebutkan kursi Wali Kota Bukittinggi. Ramlan sebagai petahana akhirnya kalah suara hingga Erman Safar terpilih dengan raihan total 24.650 suara.