Begini pesan bupati Rusma Yul Anwar kepada qori dan qoriah dipenutupan MTQ

id MTQ, tapan, painan, rusma yul anwar, wabup

Begini pesan bupati Rusma Yul Anwar kepada qori dan qoriah dipenutupan MTQ

Bupati Rusma Yul Anwar didampingi Wabup Rudi Hariansyah selaku ketua LPTQ menyerahkan piala kepada perwakilan pemenang MTQ Nasional ke 40 tingkat Kabupaten Psisir Selatan tahun 2022. (ANTARA/HO-Diskominfo)

Painan (ANTARA) - Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar mengatakan keberhasilan tentu bisa diraih berkat atau buah dari kerja keras, ikhtiar dan doa yang dilakukkan selama ini.

Hal itu disampaikan dalam sambutannya saat menutup Musabaqa Tilawatil Quran

(MTQ) Nasional ke-40 tahun 2022 tingkat kabupaten di Ranah Ampek Hulu Tapan, Jumat sore.

Bupati mengucapkan selamat kepada kontingen kafilah yang sukses jadi juara atau jadi pemenang.

Ia berharap kepada seluruh kontingen, kafilah dan official agar bisa memetik pelajaran berharga, pengalaman dari penyelenggaraan MTQ.

"Semoga, lantunan ayat-ayat suci Al Quran yang dibacakan qori qoriah, putra putri Kabupaten Pesisir Selatan dapat membawa manfaat dan tuntunan dalam kehidupan di masyarakat,"ujarnya.

Rusma Yul Anwar, lebih lanjut mengatakan, ayat suci Alquran yang dikumandangkan oleh putra putri Pesisir Selatan itu diharapkan dapat mengetuk dan menggugah hati dan fikiran kita sehingga mau mengamalkan kadungan ayat suci Alquran tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Ayat ayat suci Alquran itu, secara nyata dapat diimplementasikan dalam bentuk sikap dan prilaku.

"Tidak akan ada artinya bila MTQ ini hanya serimonial, jika tidak akan mampu membawa perubahan-perubahan akhlak dan pralaku kita,"ujarnya.

Selanjutnya, Rusma Yul Anwar berpesan kepada kafilah dan oficial untuk menjadikan dan memahami kegiatan MTQ yang dilaksanakan tiap tahun ini sebagai ajang kompetisi. Sehingga bisa menjadi tolak ukur bagi kita untuk pembinaan qori dan qoriah dalam mencapai pertasi terbaiknya.

"Tidak selamanya, kompetisi tersebut berakhir dengan kemenangan,"ujarnya.
Bupati Rusma Yul Anwar didampingi Wabup Rudi Hariansyah selaku ketua LPTQ saat suasana penutupan MTQ Nasional ke 40 tingkat Kabupaten Psisir Selatan tahun 2022. (ANTARA/HO-Diskominfo)


Rusma berharap kepada seluruh kontingen, kafilah dan official yang telah sungguh-sungguh berjuang dan mempersiapkan timnya agar tidak larut dalam eporia kompetisi tersebut.

"Kalah dalam kompetisi itu bukan karena lemah. Tapi, karena yang menang lebih baik melakukan persiapan yang lebih baik,"ujarnya.

Musabaqa Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-40 Tingkat Kabupaten Pesisir Selatan tahun 2022 di Kecamatan Ranah Ampek Hulu (Rahul) Tapan secara resmi ditutup oleh Bupati Rusma Yul Anwar.

Yang ditandai dengan penurunan bendera LPTQ Kabupaten Pesisir Selatan sebagai pelaksana MTQ dan penyerahan tropy kepada kontingen kafilah yang berhasil sebagai keluar sebagai pemenang.

Juara Umum MTQ Nasional ke-40 Tingkat Kabupaten Pesisir Selatan Tahun 2022 ini berhasil diraihi oleh Kontingen/Kafilah Kecamatan Bayang, disusul Kecamatan IV Jurai dan Kecamatan Lengayang di posisi ke II dan III.
Bupati Rusma Yul Anwar didampingi Wabup Rudi Hariansyah selaku ketua LPTQ serahkan secara serimoni hadiah ke perwakilan pemenang MTQ Nasional ke 40 tingkat Kabupaten Psisir Selatan tahun 2022. (ANTARA/HO-Diskominfo)


Serimonial "Closing Cerimony) MTQ Nasional ke-40 Tingkat Kabupaten Pesisir Selatan Tahun 2022 di Ranah Ampek Hulu Tapan Kabupaten Pesisir Selatan ini sempat sedikit tertunda karena Panggung Utama MTQ Nasional ke-40 Tahun 2022 yang terletak di Lapangan Sepakbola Koto Pulai, Sungai Pinang Tapan tersebut sempat diguyur hujan.

Seluruh kafilah dan offical yang telah bersiap-siap sejak siang di lapangan untuk mengikuti acara penutupan tersebut berusaha berteduh agar tidak basah kuyup.

Ketua Lembaga pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Pesisir Selatan - Wakil Bupati Apt. Rudi Hariansyah, Ak.S.Si menyampaikan apresiasi kepada tuan rumah Kecamatan Ranah Ampek Hulu Tapan karena telah sukses menggelar event nasional tingkat kabupaten yang telah menjadi agenda tahunan tersebut.

"Semoga MTQ Nasional Tahun 2023 di Sutera lebih sukses,"ujarnya.

Sampai Jumpa pada MTQ Nasional ke-41 Tingkat Kabupaten Pesisir Selatan berikutnya pada tahun 2023 di Kecamatan Sutera. *

Wabup Rudi Hariansyah selaku ketua LPTQ foto bersama gori dan goriah pemenang MTQ Nasional ke 40 tingkat Kabupaten Psisir Selatan tahun 2022. (ANTARA/HO-Diskominfo)