Turunkan angka stunting, Puskesmas Ranah Ampek Hulu Tapan lakukan pertemuan Bumil Sehat

id angka stunting pessel,berita pessel,berita sumbar

Turunkan angka stunting, Puskesmas Ranah Ampek Hulu Tapan lakukan pertemuan Bumil Sehat

Turunkan angka stunting, Puskesmas Ranah Ampek Hulu Tapan lakukan pertemuan Bumil Sehat (ANTARA/HO-Pemkab Pessel)

Painan (ANTARA) - Puskesmas Ranah Ampek Hulu Tapan melakukan kegiatan Pertemuan Bumil Sehat di Posyandu untuk Ibu Hamil Lebih Sehat dan Bahagia di Posyandu Empat Sehat, Nagari Tebing Tinggi Tapan, Selasa (10/10).

Kepala Puskesmas Ranah Ampek Hulu Tapan, Idris, SKM mengatakan, kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka menurunkan angka stunting pada balita dan Angka Kematian Ibu Hamil (AKI).

"Ya, dalam hal ini Kementerian Kesehatan melalui Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat menginisiasi Gerakan Nasional Bumil Sehat melalui Kampanye Bumil Sehat hingga ke Posyandu," katanya.

Disebutkan, kegiatan ini juga merupakan salah satu upaya mencegah terjadinya masalah kesehatan pada ibu hamil sehingga menurunkan angka stunting. Rangkaian kegiatan adalah pertemuan Bumil Sehat di Posyandu dengan penyelenggaraan edukasi bumil sehat oleh petugas KIA dan Promosi Kesehatan.

"Petugas yang melakukan kegiatan Pertemuan Bumil Sehat di Posyandu Empat Sehat, Nagari Tebing Tinggi Tapan tersebut yaitu, Mindi Wulan Sari, S.Tr.Keb bersama petugas Promkes, Lara Putri Rahayu, SKM," ungkapnya.

Dikatakan, hal penting yang disampaikan pada pertemuan Bumil adalah perlunya pemeriksaan kehamilan minimal 6 kali dengan 2 kali melakukan pemeriksaan USG, Minum Tablet Tambah Darah (TTD) rutin, dan mengikuti kelas ibu hamil. Pertemuan yang diikuti oleh seluruh ibu hamil di Posyandu tersebut.

Kemudian selama kehamilan, ibu hamil dianjurkan tetap rutin mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan mengonsumsi tablet tambah darah (TTD) rutin. Ibu hamil juga diharapkan melakukan pemeriksaan kehamilan minimal 6 kali di fasilitas kesehatan terdekat untuk memastikan kesehatan ibu dan tumbuh kembang janin serta mengetahui sejak dini adanya komplikasi yang mungkin terjadi saat kehamilan.

"Terselenggaranya kegiatan pertemuan Bumil Sehat diharapkan dapat memberikan informasi kepada masyarakat tentang pentingnya melakukan pemeriksaan ibu hamil secara rutin agar persalinan ibu lancar serta bayi lahir sehat dan selamat," tutupnya.