Kota Sawahlunto diverifikasi Tim Penilai Kota Layak Anak Nasional 2022

id Kota Layak Anak Nasional 2022,Berita sawahlunto,Kota sawahlunto

Kota Sawahlunto diverifikasi Tim Penilai Kota Layak Anak Nasional 2022

Kunjungan tim penilai kota layak anak ke Sawahlunto

Padang (ANTARA) - Kota Sawahlunto menerima kunjungan Tim Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI dalam rangka verifikasi lapangan Penilaian Kota Layak Anak Nasional 2022.

Verifikasi dipimpin oleh Sekretariat Deputi Bidang Perlindungan Khusus Anak, Maydian Werdiastuti pada Senin didampingi Dinas P3AP2KB Sumatera Barat dan Tim KPPPA RI.

Pada kesempatan itu Wali Kota Sawahlunto Deri Asta menyampaikan Sawahlunto merupakan salah satu daerah di Sumatera Barat yang telah mendapatkan Apresiasi Kota Layak Anak Tingkat Nindya pada tahun 2021.

"Sebagai daerah yang mempunyai 4 kecamatan, 10 kelurahan, dan 27 desa dengan jumlah penduduk usia anak lebih kurang 22.000 jiwa, adalah hal yang tidak mudah bagi kami sebagai daerah yang dulunya sangat terkenal dengan produktivitas pertambangan yang mendunia," ujarnya.

Pihaknya berupaya agar setiap warga kota termasuk anak-anak di Kota Sawahlunto tetap mendapatkan pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak.

"Untuk memenuhi indikator kota layak anak, dalam bidang pendidikan, pihaknya telah memiliki program satuan pendidikan ramah anak bagi Sekolah Ramah Anak dan Madrasah Ramah Anak di Kota Sawahlunto," kata dia.

Dalam bidang aksesibilitas kesehatan, pihaknya telah memiliki pelayanan puskesmas ramah anak pada setiap Puskesmas bahkan pada tahun 2019 Puskesmas Talawi telah mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak

Dalam bidang pusat kreativitas anak, pihaknya telah memiliki Ruang Bermain Ramah Anak yakni Taman Bermain Selat Karimata yang telah terakreditasi, kemudian juga terdapat taman bermain untuk anak berkebutuhan khusus.

Serta program lainnya di bidang ketahanan keluarga, yakni Program SILO (Sekolah Istri Teladan Sawahlunto) dan Salon (Sarahserahan Calon Pengantin)

Kemudian juga ada Puspaga Kito (Pusat Pembelajaran Keluarga) kemudian Forum Anak yang selalu aktif menjadi pelopor dan pelapor perlindungan anak di Kota Sawahlunto

Sementara Sekretariat Deputi Bidang Perlindungan Khusus Anak KPPPA RI Maydian Werdiastuti menyampaikan pihaknya ingin melihat, mendengar dan merasakan langsung program perlindungan anak yang telah dilakukan oleh pemerintah kota Sawahlunto melalui peran aktif Tim Gugus Tugas Kota Layak Anak

Ia menyampaikan kabupaten/Kota Layak Anak merupakan program nasional perlindungan anak yang diatur dalam Undang-Undang.

Menurut dia Kota Sawahlunto pada 2021 , mendapatkan penghargaan Kota Layak Anak Tingkat Nindya. Namun, pada hasil sementara verifikasi administrasi KLA Tahun 2022, Sawahlunto masuk dalam kategori utama, katanya.

Sejalan dengan itu Ketua Forum Anak Kota Sawahlunto, Muhammad Ilham Akhzani merasa bangga dan senang karena Forum Anak Kota Arang Sawahlunto juga menjadi tempat yang dikunjungi oleh Tim Penilai KLA Nasional.

Forum Anak Kota Arang Sawahlunto telah menjadi wadah aspirasi dan partisipasi anak sebagai pelopor dan pelapor perlindungan anak. Kami telah dilibatkan dan aktif dalam perumusan kebijakan pembangunan di daerah melalui, kata dia

Manajer Program Yayasan Ruang Anak Dunia, Wanda Leksmana menyampaikan pihaknya siap bersinergi dan berkolaborasi demi menjamin hak-hak anak.

Kota Sawahlunto adalah salah satu daerah yang menjadi mitra strategis dan kritis lembaga kami sejak 2013 sehingga kini, kata dia.

Ia melihat dari tahun ke tahun sensitivitas perlindungan anak di Sawahlunto semakin membaik dan memiliki kebijakan responsif hak anak dalam memenuhi 24 indikator Kota Layak Anak.