BI Sumbar siapkan Rp4,01 triliun hadapi tiga agenda besar

id uang layak edar,bank indonesia,kepala bi

BI Sumbar siapkan Rp4,01 triliun hadapi tiga agenda besar

Kepala BI Perwakilan Sumbar Endang Kurnia Saputra saat diwawancarai di Padang, Jumat (19/1/2024). ANTARA/Muhammad Zulfikar.

Padang (ANTARA) - Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sumatera Barat (Sumbar) menyiapkan uang kartal layak edar senilai Rp4,01 triliun dalam rangka menghadapi bulan Suci Ramadhan, Idul Fitri 1445 Hijriah, serta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Untuk penyediaan se-Indonesia dalam menghadapi tiga agenda besar itu BI menyiapkan uang kartal senilai Rp260 triliun. Khusus di Sumbar kami kebagian Rp4,01 triliun," kata Kepala BI Perwakilan Sumbar Endang Kurnia Saputra di Padang, Jumat.

Eks Deputi Kepala Perwakilan BI DKI Jakarta tersebut mengatakan uang kartal senilai Rp4,01 triliun tersebut disiapkan dalam bentuk uang baru atau uang layak edar.

Endang memprediksi uang kartal Rp4,01 yang disiapkan tersebut mampu memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat di Ranah Minang dalam menghadapi bulan puasa, Hari Raya Idul Fitri, hingga pesta demokrasi lima tahunan.

Dari total uang kartal yang disiapkan tersebut, BI setempat memperkirakan Rp2,8 triliun untuk kebutuhan masyarakat dalam menghadapi Ramadhan 1445 Hijriah dan Idul Fitri. Sementara sisanya diperuntukkan bagi kebutuhan menjelang pemilu.

"Kami perkirakan Rp4,01 triliun ini cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat saat Ramadhan, Idul Fitri, dan pemilu," sebut dia.

Secara umum BI telah menyiapkan uang layak edar senilai Rp260 triliun untuk menghadapi Bulan Suci Ramadhan, Idul Fitri hingga Pemilu 2024.

Sebelumnya Mantan Menteri Keuangan Chatib Basri memperkirakan uang beredar pada saat pemilu pada 14 Februari 2024 bisa mencapai Rp2,4 triliun dalam satu hari.

Setiap partai diprediksi bisa mengeluarkan uang hingga Rp240 miliar untuk mengirimkan kader-kader dan pendukungnya ke tempat pemungutan suara (TPS).