Padang Pariaman hadirkan sejumlah layanan publik di tengah masyarakat melalui Sabermas Baru

id Pemkab padang pariaman,Sabermas Baru

Padang Pariaman hadirkan sejumlah layanan publik di tengah masyarakat melalui Sabermas Baru

Warga Nagari Pauah Kamba, Kecamatan Nan Sabaris, Kabupaten Padang Pariaman, Sumbar mengikuti rekam KTP Elektronik pada pelaksanaan program Satu Hari Bersama Masyarakat Membuat Perubahan atau Sabermas Baru. (ANTARA/Aadiaat M. S.)

Parik Malintang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat menghadirkan sejumlah layanan publik di daerah itu langsung ke tengah-tengah masyarakat melalui program Satu Hari Bersama Masyarakat Membuat Perubahan atau Sabermas Baru.

"Sabermas Baru selain menambah inovasi di Padang Pariaman juga menyelesaikan permasalahan dan menghadirkan layanan publik langsung di tengah-tengah masyarakat," kata Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur saat peluncuran Sabermas Baru di Nagari Pauah Kamba, Kecamatan Nan Sabaris, Senin.

Ia mengatakan dengan inovasi ini maka permasalahan mendasar masyarakat dapat diselesaikan serta organisasi perangkat daerah (OPD) dan instansi yang ikut menyukseskan program itu dapat memberikan sosialisasi terkait programnya masing-masing.

Pada kesempatan tersebut menurutnya OPD dan instansi terkait dapat menyosialisasikan tentang bidang kesehatan warga di nagari.

"Misalnya kebersihan lingkungan dan diri harus diiutamakan. Selain itu jamban sehat itu harus ada, tidak boleh buang air besar ke sungai," katanya.

Ia juga meminta kolaborasi program OPD di daerah itu untuk membantu masyarakat sehingga kesehatan dan ekonomi warga. Ia juga meminta keberlanjutan Sabermas Baru sehingga seluruh nagari di daerah itu dapat menikmati program tersebut guna meningkatkan pelayanan dari pemerintah kepada masyarakat.

"Jadi dengan inovasi ini maka Padang Pariaman tidak saja nantinya mendapatkan penghargaan namun program yang dibuat dirasakan masyarakat," tambahnya.

Kepala Dinas Kesehatan Padang Pariaman Aspinuddin mengatakan Sabermas Baru merupakan program kolaborasi antar organisasi perangkat daerah di Padang Pariaman serta instansi lainya di daerah itu mulai dari Badan Amil Zakat Nasional, pembayaran pajak kendaraan bermotor, pelayanan kependudukan, perpustakaan, hingga BPJS Kesehatan.

"Namun selain itu kami juga membantu menyelesaikan pemersalahan masyarakat yang mendasar di lokasi Sabermas Baru dilaksanakan,"

Ia menyampaikan salah satu permasalahan tersebut yaitu membantu warga membangun jamban dengan melibatkan pihak terkait salah satunya melalui Baznas Padang Pariaman.

Meskipun program tersebut merupakan inovasi Dinas Kesehatan, kata dia namun fokus penyelesaian permasalahan yang dibantu diatasi tidak saja masalah kesehatan namun juga sektor lainnya.

Adapun permasalahan tersebut, lanjutnya jika ada lahan warga yang tidak termanfaatkan maka pemerintah siap membantunya dengan menyediakan bibit ikan, tanaman dan hal lainnya sesuai dengan keinginan warga tersebut.

"Meskipun tidak masalah itu tidak selesai seluruhnya namun pemerintah sudah berupaya membantu tinggal masyarakat yang melanjutkan," tambahnya.

Ahsan Arif (25) mengatakan dirinya datang di lokasi pelaksanaan Sabermas Baru untuk pembayaran pajak kendaraannya.

"Biasanya kalau harus membayar pajak motor harus ke Pariaman, jadi jauh. Kalau sekarang dekat," tambahnya.