Wako Pariaman minta perantau bersinergi bangun kampung halaman

id perantau Kampar,bangun kampung,berita pariaman,berita sumbar

Wako Pariaman minta perantau bersinergi bangun kampung halaman

Wali Kota Pariaman Genius Umar (kiri) bersama perantau Kampar, Riau memegang kalender wisata Kota Pariaman 2022. (Antara/HO-Diskominfo Pariaman)

Pariaman, (ANTARA) - Wali Kota Pariaman, Sumatera Barat Genius Umar meminta perantau asal daerah itu untuk bersinergi dengan semangat gotong royong membangun kampung halaman guna meningkat ekonomi warga setempat.

"Dalam memajukan Kota Pariaman kami juga melibatkan para perantau yang sukses di perantauan," kata dia di Pariaman, Senin.

Permintaan tersebut juga disampaikannya saat menghadiri pelantikan dan pengukuhan Dewan Pimpinan Daerah Persatuan Keluarga Daerah Piaman (PKDP) Kabupaten Kampar, Riau serta peluncuran kalender wisata Pariaman 2002 pada Jumat malam (18/2).

Genius mengatakan saat ini Pemerintah Kota Pariaman membuka jalan tanpa menggunakan dana APBD akibat keterbatasan anggaran karena pandemi sehingga dalam pelaksanaannya dilakukan secara swadaya dan gotong royong bersama warga setempat.

"Untuk itu, kami menghimbau kepada perantau dan pengurus PKDP ikut membangun kampung halaman apalagi saat ini Kota Pariaman telah menjelma menjadi destinasi wisata unggulan di Sumbar," katanya.

Seluruh kecamatan di Kota Pariaman sudah tersentuh dengan program membuka jalan baru tanpa menggunakan APBD tersebut.

Ia menyampaikan ruas jalan tersebut pada tahun ini dilakukan pengerasan melalui anggaran perubahan yang sekaligus juga mengirimkan proposal pengaspalan pada 2023 kepada pemerintah pusat.

"Ketika jalan diaspal maka pola budaya masyarakat menjadi lebih baik serta muncul sejumlah lokasi tujuan wisata sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat," katanya.

Sebelumnya Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat akan menjadikan lokasi pembukaan jalan hasil sinergi dengan warga setempat atau tanpa menggunakan APBD sebagai destinasi wisata baru di daerah itu.

"Kami sedang membuka jalan dengan pola gotong royong, nanti kawasan yang terkesan kumuh akan dijadikan kawasan yang bersih dan baik serta menjadi destinasi wisata," kata Wali Kota Pariaman, Genius Umar usai membuka Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Pariaman 2023 di Pariaman.

Ia menyebutkan salah satu jalan yang saat ini dibuka tanpa menggunakan APBD atau menerapkan skema gotong royong yaitu dari Mangguang ke Padang Biriak-biriak, Kecamatan Pariaman Utara. (*)