Baznas Kota Solok salurkan bantuan ke masyarakat kurang mampu senilai Rp130 juta

id berita solok,berita sumbar,baznas

Baznas Kota Solok salurkan bantuan ke masyarakat kurang mampu senilai Rp130 juta

Ketua Baznas Kota Solok AKBP Purn, Zaini. (Antarasumbar/Laila Syafarud)

Baznas Kota Solok melakukan pendistribusian zakat ke sebanyak 247 orang mustahik se-Kota Solok,
Solok (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Solok, Sumatera Barat menyalurkan bantuan dengan total sekitar Rp130 juta ke masyarakat kurang mampu setempat yang membutuhkan dalam rangka untuk meringankan beban mereka.

"Baznas Kota Solok melakukan pendistribusian zakat ke sebanyak 247 orang mustahik se-Kota Solok, bertempat di Masjid Lubuk Sikarah yang diserahkan langsung oleh Wakil Wali Kota Solok, Ramadhani Kirana Putra," kata Ketua Baznas Kota Solok, AKBP Purn Zaini di Solok, Kamis.

Ia menyebutkan penyerahan bantuan tersebut dalam bentuk program Baznas berupa Solok Sejahtera, Solok Sehat, dan Solok Cerdas dengan total dana sekitar Rp130,7 juta.

"Untuk Program Solok Sejahatera ini terdiri atas kategori ekonomi produktif yang diterima oleh 167 orang atau total Rp83,5 juta, biaya hidup sehari-hari untuk 40 orang atau total Rp20 juta, gharimin tujuh orang atau Rp3,5 juta," jelas dia.

Lebih lanjut, ia menyebutkan untuk program Solok Sehat juga diterima oleh tujuh orang senilai Rp3,5 juta dan Solok cerdas atau biaya kuliah untuk 27 orang atau Rp20,2 juta dan masing-masing mendapatkan sebesar Rp750.000 per orang. Sehingga total anggaran Rp130,7 juta.

Ia berharap semoga bantuan yang telah diserahkan tersebut dapat memberikan manfaat dan berkah kepada masyarakat yang membutuhkan.

Zaini menyebutkan Baznas Kota Solok juga mempunyai program-program unggulan per tahunnya dalam membantu meringankan beban masyarakat di kota itu diantaranya berupa program Solok sejahtera, Solok sehat, Solok cerdas, Solok peduli, dan Solok takwa.

"Program Solok sejahtera ini salah satunya berupa membantu membedah rumah yang tak layak huni, Solok cerdas berupa memberikan bantuan beasiswa, membantu para hafiz quran, dan Solok peduli berupa memberikan bantuan ke masyarakat yang terdampak bencana atau musibah," kata dia.

Selain itu, ia mengatakan bantuan tersebut tidak hanya dalam satu periode saja. Namun bagi masyarakat yang betul-betul membutuhkan dan memenuhi persyaratan juga mendapatkan bantuan langsung dari Baznas Solok.

"Hingga saat ini di tahun 2021 anggaran Baznas yang sudah disalurkan ke masyarakat sekitar Rp4,7 miliar dari total anggaran Rp5,1 miliar," kata dia.

Selain itu, ia menyebutkan anggaran tersebut diperoleh dari infak ASN lingkungan Pemkot Solok, Polres Solok, BUMN, BUMD, pedagang, dan melalui perorangan atau masyarakat di Kota Solok.

Ia berharap pada masyarakat Kota Solok yang hendak membayar zakat agar membayarkan zakatnya melalui Baznas Kota Solok karena zakat itu akan diserahkan langsung ke orang yang membutuhkan.