Wako dan PPID Pariaman terima penghargaan keterbukaan publik dari KI

id genius umar,komisi informasi,penghargaan keterbukaan publik

Wako dan PPID Pariaman terima penghargaan keterbukaan publik dari KI

Wali Kota Pariaman, Sumbar Genius Umar (kanan) menerima penghargaan dari Ketua KI Sumbar Nofal Wiska (kiri). (ANTARA/HO-Diskominfo Pariaman)

Pariaman (ANTARA) - Wali Kota (Wako) Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) dan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama daerah setempat mendapatkan penghargaan dari Komisi Informasi (KI) karena dinilai sebagai tokoh memotivasi keterbukaan informasi publik dan komitmen mewujudkan keterbukaan informasi kepada masyarakat.

Penghargaan yang diraih oleh Wako Pariaman Genius Umar yaitu Achievement Motivation Person Award 2021 yang diserahkan oleh KI Sumbar pada acara Anugerah Keterbukaan Informasi Publik dan Achievement Motivation Person Award 2021 pada Senin (6/12).

"Penghargaan ini tidak terlepas dari dukungan semua pihak. Untuk itu, saya menyampaikan terima kasih pada semua pihak dan kedepan keterbukaan informasi publik akan terus ditingkatkan," kata Genius Umar di Pariaman Selasa.

Genius mengatakan dirinya jauh sebelumnya telah menginstruksikan kepada seluruh perangkat daerah di Kota Pariaman agar menyajikan laporan yang transparan dan akuntabel guna mewujudkan keterbukaan informasi publik.

Dengan adanya keterbukaan informasi publik, lanjutnya maka diharapkan masyarakat dapat aktif terlibat dalam proses pembuatan kebijakan publik mulai dari tahapan perencanaan, implementasi, pemantauan hingga evaluasi kebijakan.

"Masyarakat itu lebih memahami dan mengetahui apa saja yang mereka butuhkan sehingga pemerintah harus memberitahukan apa saja yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan itu," katanya.

Sedangkan PPID Utama Kota Pariaman yang dikelola oleh Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Pariaman menerima penghargaan peringkat 3 menuju informatif dari KI Sumbar.

"Ini merupakan penghargaan kedua kalinya diraih PPID Kota Pariaman untuk kategori kota dan kabupaten, PPID Kota Pariaman meraih peringkat 3 menuju Informatif," kata Pelaksana Tugas Kepala Diskominfo Kota Pariaman Adi Junaidi.

Ia mengatakan suksesnya PPID Kota Pariaman dalam penghargaan ini tak lepas dari dukungan penuh dari Pemerintah Kota Pariaman melalui PPID Pembantu yang telah berperan aktif dalam memberikan informasi yang dibutuhkan masyarakat.

"Penghargaan yang kami peroleh ini akan jadi motivasi bagi Kota Pariaman untuk lebih meningkatkan lagi pelayanan publik," ujarnya.