Pemkot Pariaman pusatkan Shalat Idul Fitri di Lapangan Merdeka

id Pemkot Pariaman,Genius Umar ,Berita pariaman,Berita sumbar

Pemkot Pariaman pusatkan Shalat Idul Fitri di Lapangan Merdeka

Ilustrasi - Suasana Salat Idul Fitri di Halaman Kantor Wali Kota Pariaman, Sumbar pada 1 Syawal 1442 Hijriah. ANTARA/Aadiaat M. S.

Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat memusatkan pelaksanaan Salat Idul Fitri 1445 Hijriah di Lapangan Merdeka yang jadwal pelaksanaannya menyesuaikan dengan keputusan 1 Syawal oleh pemerintah pusat.

"Malam nanti Pemkot Pariaman melaksanakan takbiran keliling kota, keesokan harinya Shalat Idul Fitri di Lapangan Merdeka Pariaman," kata Kepala Bagian Perekonomian dan Kesejahteraan Masyarakat Kota Pariaman Delri Soni di Pariaman, Selasa.

Ia mengatakan jika pada pelaksanaan kegiatan Salat Idul Fitri hujan maka Pemkot Pariaman akan memindahkan kegiatan keagamaan itu ke sejumlah masjid terdekat.

Ia menyebutkan masjid yang akan menjadi alternatif pelaksanaan Salat Idul Fitri yang dilaksanakan Pemkot Pariaman tersebut yaitu Masjid Tepi Air, Masjid Terandam, Masjid Raya Piaman, dan Masjid Raya Kota Pariaman.

Ia menyampaikan yang akan menjadi Khatib pada pelaksanaan Salat Idul Fitri tersebut yaitu Dr. Muhammad Nur, MA. sedangkan yang menjadi imam yakni Yahya, S.Ag.

"Lapangan (dan persiapan) sudah 'ready' (siap) berkat kerjasama dengan organisasi perangkat daerah terkait," katanya.

Pihaknya mengajak warga dan perantau asal Pariaman yang baru saja pulang kampung agar dapat melaksanakan Salat Idul Fitri di lapangan bersejarah bagi warga di daerah itu.

Lapangan Merdeka yang merupakan lokasi rencana Salat Idul Fitri tersebut mempunyai nilai historis bagi Pariaman karena sering dimanfaatkan oleh warga daerah itu dulunya untuk olahraga, bersantai, dan menjadi tempat berkumpul warga.

Bahkan warga Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman juga menggunakan lapangan tersebut untuk Salat Idul Fitri berjamaah. Namun sarana tersebut sempat tidak digunakan untuk salat berjamaah oleh pemerintah setempat.

Hingga akhirnya dalam beberapa tahun terakhir atas permintaan warga setempat Pemkot Pariaman kembali menggunakan lapangan tersebut untuk Salat Idul Fitri.

Untuk diketahui Kementerian Agama (Kemenag) RI akan menggelar sidang isbat penetapan Idul Fitri 2024 atau 1 Syawal 1445 H malam ini.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat akan melaksanakan Salat Idul Fitri berjamaah di Lapangan Merdeka yang dulunya menjadi lokasi rutin pelaksanaan ibadah sunnah tersebut sebagai upaya mendongkrak ekonomi di kawasan bersejarah di daerah setempat.

"Dulu lapangan ini merupakan lokasi Salat Idul Fitri berjamaah warga Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman. Kami ingin mengembalikan sejarah itu," kata Wali Kota Pariaman Genius Umar di Pariaman.

Ia mengatakan lapangan tersebut telah direnovasi sehingga bentuknya sebagian besar telah kembali seperti dulu agar dapat dimanfaatkan untuk malam takbiran dan ibadah Salat Idul Fitri.