Pemkot Pariaman alihkan dua akses jalan protokol Sabtu-Minggu

id Pemkot Pariaman,berita pariaman,berita sumbar,Dishub Pariaman ,Wali Kota Pariaman Genius Umar

Pemkot Pariaman alihkan dua akses jalan protokol Sabtu-Minggu

Wako Pariaman, Sumbar Genius Umar bersama Wawako Pariaman Mardison Mahyuddin dan warga setempat terlihat sedang mengikuti jalan santai di jalan yang dijadikan lokasi CFD. Antara/HO-Diskominfo Pariaman

Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat bakal mengalihkan dua akses jalan protokol di daerah itu pada Sabtu (2/9) dan Minggu (3/9) pagi guna melaksanakan kegiatan Jalan Sehat dan hari bebas kendaraan bermotor atau Car Free Day (CFD).

"Dengan adanya kegiatan tersebut maka akses jalan yang akan digunakan akan ditutup untuk kendaraan bermotor. Arus kendaraan akan kami alihkan ke jalan lainnya," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pariaman Afwandi di Pariaman, Kamis.

Ia mengatakan pihaknya akan mengerahkan sejumlah personel Dishub Pariaman untuk membantu pengendara mencari jalan alternatif agar tidak terjebak macet akibat adanya kegiatan tersebut.

Namun, lanjutnya secara umum Pemkot Pariaman sudah menyosialisasikan kegiatan tersebut kepada warga setempat yang secara tidak langsung memberitahukan akan ada penutupan jalan.

"(Untuk CFD) Minggu kemarin sudah diumumkan oleh Pak Wali Kota Pariaman melalui media center ketika kegiatan di lapangan," katanya.

Ia menjelaskan Jalan Sehat yang akan dilaksanakan pada Sabtu tersebut merupakan kegiatan kerja sama antara Pemkot Pariaman dengan organisasi Gerakan Ekonomi dan Budaya (GEBU) Minangkabau di Desa Rawang.

Akses jalan yang akan digunakan untuk kegiatan yang dipusatkan di Desa Rawang tersebut mulai dari Youth Centre lalu mengarah ke Simpang Hamadin, Simpang Tabuik, simpang sebelum kantor Golkar, selanjutnya mengarah ke Kantor Satlantas Pariaman.

"Penutupan jalan dimulai dari pukul 07.00 WIB sampai selesai yang diperkirakan sekitar pukul 10.00 WIB," ujarnya.

Sedangkan CFD dilaksanakan Jalan Imam Bonjol mulai dari Simpang Lapai sampai ke Simpang LLAJ pada Minggu. Kegiatan tersebut berlangsung dari pukul 06.00 WIB sampai dengan pukul 10.00 WIB.

Diketahui CFD merupakan kegiatan yang kembali digalakkan oleh Pemkot Pariaman setelah sekian lama tidak terlaksana di daerah itu.

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat bakal kembali menerapkan hari bebas kendaraan bermotor atau Car Free Day (CFD) di ruas jalan protokol di daerah itu pada pekan depan.

“Senin (28/8) akan kita bicarakan bersama pihak terkait untuk CFD bisa dilakukan kembali minggu depan," kata Wali Kota Pariaman Genius Umar saat mengikuti kegiatan jalan santai di Desa Cimparuh Kecamatan Pariaman Tengah, Pariaman.

Dengan menerapkan CFD tersebut, lanjutnya maka warga bahkan wisatawan dapat memanfaatkan salah satu jalan protokol di Pariaman tersebut untuk kegiatan olahraga di antaranya senam dan bersepeda.