Persatuan Insinyur Indonesia Sumbar pilih ketua baru pada Muswil VI

id pii sumbar,berita sumbar

Persatuan Insinyur Indonesia  Sumbar pilih ketua baru pada Muswil VI

Wakil Ketua PII Sumbar Nasirman Chan (dua dari kiri), Sekretaris PII Sumbar Fakhrizal (tengah), Ketua Panitia Muswil PII Sumbar Yohanes Wempi memberikan keterangan pers soal Muswil PII Sumbar kepada wartawan di Padang, Kamis. (Antara/Ikhwan Wahyudi)

Padang (ANTARA) - Pengurus Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Wilayah Sumbar akan memilih ketua baru periode 2021-2024 pada musyawarah wilayah (Muswil) ke-6 yang digelar di Padang pada 4 Desember 2021.

"Sebagai organisasi profesi insinyur yang membawahi 24 badan kejuruan, PII Sumbar akan menggelar Muswil VI untuk memantapkan jalannya organisasi dan memilih ketua baru masa jabatan tiga tahun ke depan," kata Wakil Ketua Pengurus Wilayah PII Sumbar Nasirman Chan di Padang, Kamis.

Menurut dia saat ini setidaknya terdapat sekitar 250 orang yang memiliki Surat Tanda Registrasi Insinyur di Sumbar yang merupakan anggota PII Sumbar.

Menjelang pemilihan ketua baru sejumlah nama sudah mulai mengapung menggantikan ketua PII Sumbar Is Prima Nandamulai dari Wakil Ketua PII Sumbar Nasirman Chan hingga Sekretaris PII Sumbar Fakhrizal.

Dua nama tersebut sudah mengambil formulir pencalonan yang paling lambat dikembalikan 3 Desember 2021.

Adapun persyaratan untuk mencalonkan diri sebagai calon ketua PII adalah minimal anggota biasa , memiliki Kartu Tanda Anggota aktif, pernah menjadi pengurus PII, diutamakan berdomisili di Sumbar dan mendapatkan rekomendasi minimal dari enam cabang PII kabupaten dan kota.

Sementara Ketua Panitia Pelaksana Muswil PII Sumbar Yohanes Wempi mengatakan pemilihan ketua sedapat mungkin diupayakan melalui mekanisme musyawarah dan mufakat.

Ia menyebutkan selain Nasirman Chan dan Fakhrizal tetap terbuka peluang untuk menjadi ketua bagi kandidat lain.

Yohanes menyebutkan sekitar 150 orang akan menghadiri Muswil PII Sumbar yang dijadwalkan akan dibuka langsung oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi dan ditutup oleh Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy.

Pada pembukaan tersebut direncanakan akan diberikan Kartu Tanda Anggota PII kepada Gubernur Sumbar Mahyeldi karena yang bersangkutan juga merupakan insinyur di bidang pertanian, kata dia.

Sementara Wagub Sumbar Audy Joinaldy merupakan penyandang gelar insinyur bidang peternakan.

Selain itu akan dihadiri asosiasi profesi di luar Anggota PII Wilayah Sumbar sebagai peninjau dari provinsi di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Ia berharap ke depan PII akan semakin meningkatkan sinergi dan kolaborasi dalam rangka meningkatkan profesionalisme keinsinyuran di Sumbar.

Kami juga akan meningkatkan komunikasi dengan pemangku kepentingan terkait serta meningkatkan jumlah dan kapasitas keinsinyuran di Sumbar.

Ia menambahkan PII juga mendorong Pemprov Sumbar melobi pemerintah pusat untuk melanjutkan pembangunan tol Padang Pekanbaru.

Ketua Stering Commite Muswil VI PII Sumbar Fakhrizal menambahkan, formulir pendaftaran calon Ketua PII periode 2021-2024 masih diterima hingga Jumat 3 Desember 2021.

“Sudah ada beberapa nama calon yang mengapung. Namun kita tunggu saja. Batas pendaftaran sampai 3 Desember 2021 pukul 00.00 WIB,” kata dia.