Begini pelaksanaan Operasi Patuh Singgalang di Bukittinggi

id berita bukittinggi,berita sumbar,operasi

Begini pelaksanaan Operasi Patuh Singgalang di Bukittinggi

Satlantas Polres Bukittinggi. (Antarasumbar/Al Fatah)

Operasi Patuh Singgalang 2021 kita tidak memfokuskan pada penindakan saja,
Bukittinggi (ANTARA) - Operasi Patuh Singgalang oleh Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bukittinggi dilakukan secara humanis namun tetap tegas untuk menegakkan aturan berkendara serta pendisiplinan pengguna jalan di Kota Wisata.

"Operasi Patuh Singgalang 2021 kita tidak memfokuskan pada penindakan saja, tetap kita lakukan edukasi bahkan pembagian bantuan sosial kepada warga," kata Kasatlantas Polres Bukittinggi, AKP Ghanda Novidiningrat di Bukittinggi, Rabu.

Ia mengatakan, berbagai cara dilakukan dalam Operasi Patuh untuk memaksimalkan imbauan pendisiplinan patuh lalu lintas di wilayah hukum Polres Bukittinggi.

"Seperti di Terminal Simpang Aur, kita berikan peringatan awal kepada seluruh penyelenggara angkutan untuk mematuhi aturan berlalu-lintas, sebagai pengingat ditempelkan stiker penanda," kata dia.

Menurutnya, kegiatan rutin Satlantas juga selalu dilaksanakan sebagai pendukung Operasi Patuh Singgalang yang akan berakhir pada Minggu (03/10) nanti.

"Giat preventif setiap pagi tetap dilakukan, kita tidak ingin langsung memberikan penilangan kepada warga, tetap ada edukasi secara humanis terlebih dahulu," kata Kasatlantas.

Ia mengatakan, program tambahan untuk mendukung giat Operasi Patuh juga diselenggarakan ke Satuan Pendidikan di Kota Bukittinggi.

"Aturan lalu lintas diajarkan sejak awal ke Sekolah yang ada di Bukittinggi, kita harapkan anak-anak khususnya remaja memahami aturan agar tidak ditindak saat melanggar," kata dia.

Kegiatan Operasi Patuh Singgalang 2021 dilaksanakan serentak di Sumatera Barat yang dimulai sejak 20 September lalu.

Kasatlantas mengatakan telah ada puluhan kendaraan yang terjaring Operasi Patuh tersebut yang kini diamankan di Kantor Satlantas Polres Bukittinggi.

"Untuk detail jumlah kendaraan kita rekap dulu, kita harap masyarakat tetap patuh berlalulintas tidak saja saat adanya Kegiatan Operasi Patuh Singgalang, karena semua demi keselamatan kita bersama," kata Akp Ghanda.