Tandatangani MoU dengan UM Sumbar, Wako ingin Payakumbuh bisa jadi pusat pemikir

id berita payakumbuh,berita sumbar,UM

Tandatangani MoU dengan UM Sumbar, Wako ingin Payakumbuh bisa jadi pusat pemikir

Penandatanganan nota kesepahaman antara Pemkot Payakumbuh dan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, Rabu (17/3). (Antarasumbar/Akmal Saputra)

Saat ini, ya nilai tambah kita hanya itu-itu saja,
Payakumbuh (ANTARA) - Wali Kota Payakumbuh, Sumatera Barat, Riza Falepi menargetkan daerahnya dalam waktu jangka panjang bisa menjadi salah satu daerah yang jadi pusat pemikir dan pengembangan keilmuan yang baik.

"Hari ini kita menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Universitas Muhammadiyah (UM) Sumbar, jelas ini menunjang target besar kita untuk menjadikan Payakumbuh sebagai salah satu kota pusat pemikir dan pengembangan keilmuan yang baik," kata Riza di Payakumbuh, Rabu.

Ia mengatakan jika bisa menjadi pusat pemikiran dan pengembangan keilmuan dengan pusat riset tentu akan menjadi nilai tambah dari Kota Payakumbuh ke depannya.

"Saat ini, ya nilai tambah kita hanya itu-itu saja. Kami menginginkan nilai tambah yang bisa membangun supply chain dunia. Sehingga kita bisa menghadirkan keunggulan bagi Payakumbuh, ini target jangka panjang kita," sebutnya.

Sedangkan untuk target jangka pendek, sambung Riza nota kesepahaman ini bisa lebih mencerdaskan rakyat Kota Payakumbuh. Sehingga nantinya juga dapat didukung dengan pembangunan industri.

"Semua program perguruan tinggi kita dukung, kami sadar perguruan tinggi akan memberikan kontribusi ke Payakumbuh. Secara tidak langsung itu penggerak ekonomi," ujarnya.

Sementara Rektor UM Sumbar, Dr Riki Saputra MA mengatakan banyak hal yang bisa dikerjakan bersama setelah adanya MoU antara UM Sumbar dan Pemkot Payakumbuh yang tentunya akan menguntungkan kedua belah pihak.

"Kami siap bergandeng tangan dengan Pemkot Payakumbuh, melalui dinas yang ada dengan fakultas-fakultas seperti pariwisata, pertanian, teknik, kesehatan dan hukum. Pemerintah juga membutuhkan kajian-kajian akademik," katanya.

Ia mengatakan penandatanganan nota kesepahaman juga bentuk sinergitas antara perguruan tinggi dan pemerintah dalam memajukan dunia pendidikan.

Menurutnya, Pemkot Payakumbuh saat ini memang menjadi salah satu daerah yang memiliki visi yang bagus dalam dunia pendidikan.

"Setelah MoU ini kami akan langsung menindaklanjuti dengan Momerandum of Execution (MoE). Sehingga ini nantinya tidak hanya di atas kertas saja. Meskipun selama ini sinergi kami dengan Kota Payakumbuh selama ini sangat baik," ujarnya.