Pembangunan di kawasan Padang Kaduduak tingkatkan ekonomi masyarakat

id berita payakumbuh,berita sumbar,pasar

Pembangunan di kawasan Padang Kaduduak tingkatkan ekonomi masyarakat

Salah seorang pedagang yang berjualan di kawasan Padang Kaduduak, Payakumbuh Utara, Kota Payakumbuh. (Antarasumbar/HO)

Dulu pas diawal sejak dibuka sempat berpenghasilan Rp1 juta perhari,
Payakumbuh (ANTARA) - Pembangunan perkantoran dan lapangan olahraga terbuka atau Payakumbuh Bugar di daerah Padang Kaduduak, Kota Payakumbuh, Sumatera Barat memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat sekitar yang berjualan di sekitar lokasi tersebut.

Salah seorang pedagang Nengsih (46) di Payakumbuh, Rabu, mengatakan semenjak diresmikan Payakumbuh Bugar dan perkantoran total pendapatannya dalam satu hari meningkat cukup tinggi.

"Kami bersyukur, biasanya dulu sehari pendapatan dari kedai ini paling tinggi itu Rp150 ribu perhari, kini sudah bisa lah berpenghasilan hingga Rp500 ribu. Dulu pas-pasan saja untuk kebutuhan sehari-hari, tapi sekarang Alhamdulillah sudah adalah yang bisa disisihkan untuk tabungan bekal sekolah 2 orang anak kami," katanya.

Nengsih yang sehari-harinya berjualan minuman dan sarapan pagi sudah berjualan di kawasan tersebut selama satu tahun terakhir.

Selain itu, Ul (48) mengatakan ketika awal-awal Payakumbuh Bugar diresmikan, penjualan jajanan gorengan dan lainnya pernah mencapai Rp1 juta dalam satu hari. Dia berjualan bersama dengan anaknya Suci (28).

"Dulu pas diawal sejak dibuka sempat berpenghasilan Rp1 juta perhari, tapi karena sekarang sudah ramai yang jualan, perlahan menurun, namanya juga persaingan usaha, rencana nanti kami akan coba menjual produk makanan olahan lainnya," ujarnya.

Lurah Tigo Koto, Diate Musleniyetti mengatakan kehadiran Payakumbuh Bugar dan perkantoran memang memberikan dampak kepada masyarakat. Terbukti dengan semakin banyaknya pedagang yang

berjualan di lokasi tersebut.

"Bagi warga setempat, persaingan jual beli tentu tidak dapat dihindarkan, tapi setidaknya ada kesempatan yang bisa mereka manfaatkan dengan kehadiran Payakumbuh Bugar sebagai pusat perekonomian baru yang terintegrasi dengan gedung perkantoran OPD dan pasar Padang Kaduduak," ujarnya.

Selain itu, bagi anak muda setempat kawasan Padang Kaduduak juga dimanfaatkan untuk tempat beraktivitas positif, bisa mengembangkan ide mereka berkreasi musik, dan mengembangkan kreativitas mereka.

"Namun yang membuat kita ikut bersemangat adalah antusias dari warga menyongsong pembangunan di sini luar biasa, ke depan kita akan bersinergi dengan OPD terkait tentang apa saja pengembangan yang bisa dilakukan di Kawasan Padang Kaduduak ini," ungkap Lurah

Sementara Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi mengatakan pembangunan di Kawasan Padang Kaduduak nantinya juga akan ditambah lapangan bulu tangkis dan takraw. Selanjutnya juga akan ditambah gedung perkantoran baru, dan Kampus UNP.

"Untuk pedagang nanti akan diatur sedemikian rupa, sehingga semuanya bisa tertata dengan rapi. Semoga pembangunan kita ini bisa memberikan dampak yang positif kepada masyarakat," katanya.