Nunang Daya Bangun jadi proyek rintisan kelurahan bersih narkoba di Payakumbuh

id berita payakumbuh,berita sumbar,narkoba

Nunang Daya Bangun jadi proyek rintisan kelurahan bersih narkoba di Payakumbuh

Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz saat menandatangi komitmen bersama kelurahan Bersih Narkoba. (antarasumbar/HO)

Ini bertujuan untuk menciptakan kondisi aman dan tertib bagi masyarakat kelurahan sehingga masyarakat bersih dari penyalahgunaan narkoba,
Payakumbuh (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Payakumbuh, Sumatera Barat bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) daerah setempat mendeklarasikan Kelurahan Nunang Daya Bangun (NDB) sebagai daerah (kelurahan) bersih narkoba (Bersinar).

Wakil Wali Kota Payakumbuh, Erwin Yunas di Payakumbuh, Selasa, mengatakan Kelurahan Nunang Daya Bangun merupakan proyek rintisan (pilot project) dari Pemkot Payakumbuh maupun BNN kota Payakumbuh.

"Ini bertujuan untuk menciptakan kondisi aman dan tertib bagi masyarakat kelurahan sehingga masyarakat bersih dari penyalahgunaan narkoba," kata dia.

Pada kegiatan ini dikukuhkan 25 orang pengurus pada program kelurahan bersih narkoba di Kelurahan Nunang Daya Bangun, Kecamatan Payakumbuh Barat.

Ia mengatakan Kota Payakumbuh merupakan kota persinggahan, sehingga rawan karena Payakumbuh menjadi akses pintu masuk bagi penyebaran narkoba.

Dicanangkan kelurahan Nunang Daya Bangun sebagai kelurahan bersih narkoba, merupakan bukti bahwa Pemkot Payakumbuh sangat mendukung pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN).

“Sehingga nantinya dengan niat dan bergerak secara bersama maka akan dapat menjadikan kota yang aman dan tertib dari narkoba serta tindakan kriminal lainnya bagi seluruh warga Kota Payakumbuh," ujarnya.

Sementara Lurah Nunang Daya Bangun, Ari Ashari mengapresiasi atas dipilihnya daerahnya sebagai proyek rintisan dalam program kelurahan bersih narkoba.

“Alhamdulilah, suatu kebanggaan bagi kami di kelurahan kami yang ditunjuk sebagai role model dalam pilot project yang bertujuan menciptakan kota Payakumbuh bersih narkoba ini," kata dia.

Ia berharap kelurahan bersih narkoba ini tidak hanya untuk Kelurahan Nunang Daya Bangun dan dapat dikembangkan ke kelurahan lainnya.

“Mari kita semua warga Kota Payakumbuh untuk saling menjaga dengan selalu aktif melaksanakan program P4GN di kota Payakumbuh secara bersama. Sehingga dengan cara ini tentu dapat mewujudkan menjadi kota yang bebas dari narkoba nantinya," ujarnya.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Provinsi Sumatera Barat, Kusrianto mengatakan hal ini suatu yang sangat baik ke depannya bagi Kota Payakumbuh.

"Karena dengan telah dicanangkan 1 kelurahan di Kota Payakumbuh sebagai kelurahan bersih narkoba, maka ini sudah menjadi titik terang dalam mewujudkan Kota Payakumbuh menjadi kota yang aman, nyaman dan tertib dari narkoba serta kejahatan kriminal lain nantinya," katanya.

Menurutnya dalam mewujudkan kelurahan yang bersih narkoba tetap harus membuat komitmen serta meningkatkan soliditas dalam memerangi segala bentuk penyalahgunaan narkoba terkhusus di kelurahan Nunang Daya Bangun.

"Saya berharap nantinya kelurahan Nunang Daya Bangun dapat mandiri dalam upaya P4GN, sehingga nanti lebih cepat terwujud kelurahan bersinar berikutnya yang pada akhirnya dengan tujuan Kota Payakumbuh yang bersih narkoba," ujarnya.