Pemkab Solsel Diuntungkan Atas Penyerahan GOR Gelora Energy

id berita solsel,solok selatan,gor solok selatan

Pemkab Solsel Diuntungkan Atas Penyerahan GOR Gelora Energy

Wakil Bupati Solok Selatan, Abdul Rahman (dua kanan) meninjau pembangunan GOR di Pekonina, Kecamatan Pauh Duo, Rabu (4/7). (Dok. Bagian Humas Solok Selatan)

Padang Aro (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan Provinsi Sumatera Barat diuntungkan atas penyerahan GOR Gelora Energy yang dibangun PT. Supreme Energy senilai Rp 30 Miliar dilahan 8,6 hektare sementara Pemkab hanya menyerahkan lahan pengganti seluas enam hektare saja.

Penyerahan tersebut tertuang dalam bentuk perjanjian tukar menukar barang antara Pemkab Solsel dengan PT. Supreme yang dilakukan antara Plt. Bupati Solok Selatan, Abdul Rahman dengan PT. Supreme Energy diwakili Senior Representatif Supreme Energy Muaralabuh Yulnofrins Napilus di Padang Aro, Senin, (31/8/2020).

Tukar menukar barang ini menurut Kabag Hukum Pemkab Solsel, Ilhamka Yusid sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 19 Tahun 2016 tentang Pedoman Pengelolaan Barang Milik Daerah, serta Peraturan Bupati Nomor 28 tahun 2020 tentang Tata Cara Pelaksanaan Tukar Menukar Barang Milik Daerah Pemkab Solok Selatan.

"Lahan yang dimiliki Pemkab seluas 6,4 Hektar, ditukar dengan lahan milik Supreme seluas 8,6 Hektar beserta bangunan GOR di dalamnya. Dalam pertukaran ini, tentu saja apa yang diperoleh Pemkab Solok Selatan jauh lebih menguntungkan, karena yang diserahkan Supreme bukan hanya lahan, tapi juga berikut bangunan GOR nya," terang Ilhamka.

Dalam penyerahan tersebut, Field Support Manager PT SEML Yulnofrins menyebutkan, pembangunan GOR Gelora Energy oleh PT SEML yang di peruntukkan untuk masyarakat Solsel, merupakan niat untuk membuat sesuatu yang cukup berarti bagi masyarakat dari pendiri PT SEML yaitu Bapak Supramu Santoso.

Hal ini salah satu bentuk terima kasih dari PT SEML buat Solok Selatan, karena telah mendukung pengembangan energi panas bumi di Solsel.

"Inilah hasilnya, dan hari ini kami sudah resmi menyerahkan kepada Pemda Solsel dan masyarakat bahwa apa yang diniatkan dari awal sudah di serahkan secara resmi," ungkapnya.

Solok Selatan patut bersyukur dengan adanya GOR Gelora Energy ini. GOR ini disebut-sebut sebagai GOR termegah yang pernah ada di Sumbar khususnya.

GOR dengan berbagai fasilitas ini memiliki dengan lapangan bola berstandar FIFA dengan menggunakan rumput terbaik Zoysia Matrella (ZM) serta sistem drainase yang membuat lapangan ini tidak tergenang jika terjadi hujan deras. Zoysia Matrella menjadi rumput yang direkomendasikan oleh FIFA untuk digunakan sebagai rumput di lapangan sepakbola, terutama untuk negara beriklim tropis seperti Indonesia.

GOR ini berada di daerah yang berhawa sejuk di ketinggian 1000 mdpl, serta memiliki panorama alam yang begitu indah di sekelilingnya. Pemkab Solsel berencana mengembangkan daerah ini menjadi kawasan olahraga terpadu dengan berbagai fasilitasnya, termasuk penginapan, dan lainnya.