Musrenbang digelar untuk wujudkan perencanaan berkualitas

id Musrenbang, perencanaan daerah,forkopimda, kecamatan, sijunjung, sumbar

Musrenbang digelar untuk wujudkan perencanaan berkualitas

Suasana Musrenbang di Kecamatan Kupitan Sijunjung. (ist)

Muaro (ANTARA) -

Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) yang diselenggarakan setiap tahunnya agar mendapatkan dan mewujudkan perencanaan yang berkualitas, kata Staf Ahli Bupati, Mashariyanto.

Hal ini disampaikannya pada pembukaan Musrenbang Pemerintah Kecamatan Kupitan, Kabupaten Sijunjung di Unit Daerah Kerja Pemerintah (UDKP) kecamatan tersebut, Kamis (27/2) sore.

Kegiatan ini diikuti kepala OPD Pemkab Sijunjung, kepala KUA, kepala Puskesmas, kepala UPTD, ketua TP PKK, delegasi kecamatan, walinagari, kepala desa, ketua KAN, BPN, ketua LPM serta kepala sekolah dan pendamping desa, wakil ketua dan anggota DPRD Kabupaten Sijunjung Syofian Hendri, Yusni Darti dan Delfiman serta Forkopimcam Kupitan.

Pembukaan yang diawali dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh pegawai KUA Kecamatan Kupitan Maryati.

Staf ahli mengatakan, Musrenbang yang dilaksanakan setiap tahun selain untuk mewujudkan perencanaan yang berkualitas, juga upaya akomodatif, aspiratif dan partisipatif pada masing-masing, nagari, kecamatan dan kabupaten.

Disamping itu juga merupakan mekanisme dengan pola pendekatan partisipatif yang melibatkan masyarakat di lokasi rencana pembangunan dilaksanakan.

Disadari sepenuhnya, bahwa perencanaan merupakan hal yang sangat penting dalam meningkatakan kualitas pelayanan kepada rakyat.

Proses perencanaan harus mampu menangkap aspirasi dan kebutuhan yang berkembang di tengah masyarakat.

Justru itu, kata dia, proses perencanaan ini harus melibatkan setiap stakeholder yang ada di masyarakat, supaya bisa memberi masukan tentang berbagai masalah pembangunan, guna dicarikan solusinya.

Camat Kupitan Ardi mengatakan, tujuan penyelenggaraan Musrenbang RKPD, membahas dan menyepakati daftar usulan rencana kegiatan pembangunan nagari dan desa yang menjadi prioritas pembangunan.

Kemudian membahas dan menetapkan kegiatan prioritas pembangunan di wilayah Kecamatan Kupitan yang belum tercakup dalam daftar usulan rencana kegiatan pembangunan nagari dan desa.

Supaya tujuan tercapai sesuai sasaran dan harapan, peserta Musrenbang terdiri dari kepala OPD Pemkab Sijunjung, kepala KUA, kepala Puskesmas, kepala UPTD, ketua TP PKK, delegasi kecamatan, walinagari, kepala desa, ketua KAN, BPN, ketua LPM serta kepala sekolah dan pendamping desa.