Panggil putra-putri terbaik, Bawaslu Dharmasraya rekrut pengawas kelurahan desa

id Bawaslu Dharmasraya,Pilkada Serentak,rekruitmen panwas desa

Panggil putra-putri terbaik, Bawaslu Dharmasraya rekrut pengawas kelurahan desa

Sekretaris Bawaslu Dharmasraya Redha Akmal. (ANTARA/Ilka Jensen)

Pulau Punjung (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, akan melakukan penjaringan 52 anggota pengawas tingkat kelurahan/desa untuk persiapan menyambut Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) di daerah itu.

"Bawaslu memanggil putra putri terbaik Dharmasraya untuk ikut serta menyukseskan Pilkada tahun ini, setiap nagari atau desa adat akan ada satu pengawas dari 52 nagari," kata Sekretaris Bawaslu Dharmasraya Redha Akmal di Pulau Punjung, Jumat.

Ia mengatakan rekrutmen ini merupakan rangkaian yang harus dilaksanakan Bawaslu, setelah sebelumnya melakukan perekrutan untuk Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam).

Dikatakannya proses perekrutan tersebut dilakukan tim dari panitia pengawas kecamatan yang sudah terpilih dan dilantik sebelumnya.

Ia mengatakan pengumuman pendaftaran sudah dimulai dari 10 sampai 16 Februari. Sementara penerimaan berkas pendaftaran dilakukan selama tujuh hari dari 16 sampai 22 Februari.

"Berkas pendaftaran atau surat lamaran diantarkam ke masing-masing kantor sekretariat panwaslu kecamatan," katanya.

Ia menjelaskan persyaratan pendaftaran yang harus dipenuhi calon pengawas, diantaranya pada saat pendaftaran berusia paling rendah 25 tahun.

Kemudian, memiliki integritas, berkepribadian yang kuat, jujur, dan adil, berdomisili di kecamatan setempat yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik, dan syarat pendukung lainnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, calon pengawas desa juga harus memuat surat pernyataan, seperti bersedia tidak menduduki jabatan politik, jabatan pada instansi pemerintah BUMN, BUMD, tidak menjadi anggota partai politik atau telah mengundurkan diri dari anggota parpol sekurangnya lima tahun terakhir.

Ia mengatakan untuk informasi lebih lanjut calon pengawas desa dapat menghubungi Sekretariat Bawaslu Dharmasraya melalui nomor 0853 6303 3173 atau mengunjungi laman website https://dharmasraya.bawaslu.go.id/.

Kemudian masing-masing kecamatan dapat menghubungi kontak person sekretariat kantor paswascam seperti Kecamatan Padang Laweh (085263356219), dan Kecamatan IX Koto (082170048160).