Diskominfo Sijunjung sosialisasikan domain dan website nagari, kesiapan hadapi Revolusi Industri 4.0

id Website,Revolusi industri, nagari, desa, sijunjung, kominfo, diskominfo, sumbar, info padang

Diskominfo Sijunjung sosialisasikan domain dan website nagari, kesiapan hadapi Revolusi Industri 4.0

Pembekalan sistem domain dan website nagari untui para wali nagari dan operator yang berhadir. (Ist)

Muaro (ANTARA) - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat menyosialisasikan dan pengenalan domain serta website nagari dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0.

Guna membekali wali nagari dan pengelola website nagari dalam rangka menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mengerti dengan dunia teknologi di era Revolusi Industri 4.0, maka Diskominfo Sijunjung menggelar sosialisasi di Operation Room Kantor Bupati Sijunjung, Rabu.

Kegiatan dibuka Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Rizal Efendi. Ia menyampaikan kegiatan bermaksud untuk mempercepat penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Rizal Efendi dalam sambutannya mengungkapan permohonan maaf dari Bupati Sijunjung karena berhalangan hadir dan mengucapkan selamat datang kepada kepada narasumber dan peserta.

"Di era revolusi industri 4.0 ini, di zaman teknologi dan informasi yang berkembang sangat cepat, maka dari itu Pemerintah Kabupaten Sijunjung memandang perlu adanya sistem informasi di nagari," ungkapnya.

Justru itu Dinas Komunikasi dan Informatika juga bekerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari bersama-sama membangun sistem informasi untuk nagari yaitu dalam bentuk website nagari, tambahnya.

"Melalui sosialiasi ini saya mengingatkan, agar kita semua mampu dan mengerti secara teknis mengenai domain dan website serta mengerti perlu adanya media informasi nagari, transaparansi nagari serta media anti hoax," tegasnya.

Ketua Pelaksana yang juga Kepala Bidang MDSI, Yulwaren, menambahkan tujuan yang akan dicapai dalam kegiatan tersebut yakni tersedianya pimpinan dan pengelola website dalam Kabupaten Sijunjung yang memahami mengenai fungsi domain dan website nagari.

Jadi, diharapkan dapat terwujudnya masyarakat informasi yang mengerti teknologi informasi secara online.

"Meningkatnya pemahaman pimpinan dan pengelola website di nagari terhadap perlunya website sebagai sarana informasi, berita kegiatan di nagari, pelaporan serta anti hoax serta terlaksananya penyelenggaraan pemerintah nagari berbasis elektronik (e-goverment).

Pada kesempatan itu Oni Fajar Syahdi dan Yeniarti dari Diskominfo Provinsi Sumbar, Akral Dari Dinas Pemberdayaan Desa Sumbar, serta Mizel Putra dari Indonesia Comnet Plus (Icon+) bertindak selaku narasumber.