Pariaman targetkan 2020 raih KLA Nindya

id Kota Layak Anak,Pariaman,Genius Umar

Pariaman targetkan 2020 raih KLA Nindya

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yembise (kanan) menyerahkan piala Kota Layak Anak kepada Walikota Pariaman Genius Umar dalam rangkaian acara Peringatan Hari Anak Nasional 2019 di Makasar, Selasa (23/7). (ANTARA SUMBAR/istimewa)

Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat menargetkan 2020 meraih penghargaan Kota Layak Anak (KLA) kategori Nindya karena telah memiliki persyaratan untuk mencapai tingkatan itu.

"Sebenarnya tahun ini Pariaman sudah mendapatkan KLA kategori Nindya namun ada kesalahan menginput data," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kota Pariaman Nazifah di Pariaman, Kamis.

Ia mengatakan kesalahan tersebut karena pihaknya tidak mengelompokkan berkas persyaratan berdasarkan klaster sehingga juri hanya memberikan kategori Madya.

Ia menyampaikan untuk 2020 pihaknya akan melengkapi data secara terperinci dan terkelompok mulai dari tingkat kota hingga tingkat kecamatan, desa, dan kelurahan.

"Kegiatan sosialiasi terkait hentikan kekerasan terhadap perempuan dan perlindungan anak kan banyak di tingkat desa, dokumentasinya kami masukkan sebagai persyaratan," ujarnya.

Selain itu, lanjutnya pihaknya juga akan membuat desa layak anak serta Puskemas layak anak sebagai upaya untuk memberikan perlindungan pada anak.

Diharapkan, lanjutnya dengan upaya yang dilakukan maka Kota Pariaman tidak saja mendapatkan penghargaan KLA kategori nindya namun juga Pertama.

Ia menyebutkan saat ini Kota Pariaman sudah mendapatkan enam kali penghargaan KLA dengan rincian satu pratama dan lima madya.

"Tahun ini Pariaman juga mendapatkan Ruang Bermain Ramah Anak," katanya.

Wali Kota Pariaman Genius Umar mengatakan akan terus melindungi hak anak di daerah itu baik dari segi keamanan maupun sarana bermain.

"Ini adalah wujud kepedulian kami terhadap hak anak dan kami juga akan tetap memberikan perlindungan yang optimal terhadap anak," ujarnya.

Ia mengatakan ke depan pihaknya akan meningkatkan segela aspek untuk anak agar anak di daerah itu bisa tumbuh dan berkembang dengan baik di Pariaman.

"Kami tingkatkan perlindungan terhadap anak, memastikan mendapatkan pendidikan yang berkualitas, gizi yang cukup, dan menambah ruang bermain yang ramah anak," kata dia.