Tiga Pilar Sosial Berprestasi Kota Payakumbuh masuk nominasi lima besar provinsi

id Payakumbuh,Penilaian Tiga Pilar Sosial

Tiga Pilar Sosial Berprestasi Kota Payakumbuh masuk nominasi lima besar provinsi

Kepala Bidang Kelembagaan Dinas Sosial Kota Payakumbuh, Ance Alfiando (ANTARA SUMBAR/istimewa)

Payakumbuh (ANTARA) - Dalam penilaian Pilar-Pilar Sosial berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat, tiga pilar yang diikuti Kota Payakumbuh lulus seleksi dan masuk ke final lima besar.

"Terakhir pada 2017 hanya satu dari tiga kategori yang bisa maju ke nasional, satu kategori PSM saja namun tahun ini kita sukses tiga pilar," ujar Kepala Dinas Sosial Idris di Payakumbuh, Selasa.

Tiga pilar tersebut adalah karang Taruna Karya Bersama Kelurahan Subarang Batuang, Kecamatan Payakumbuh Barat, Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) Kelurahan parit Rantang, Kecamatan Payakumbuh Barat, Fitria Gusneli dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Payakumbuh Selatan, Wildawati.

Kepala Bidang Kelembagaan Ance Alfiando menyebutkan apabila seluruh pilar-pilar sosial tersebut berhasil menang di tingkat Nasional maka Kota Payakumbuh sudah pasti diganjar penghargaan dari kementerian sosial.

Dari setiap pilar, ia menerangkan beberapa hal yang membuat juri penilai tertarik dengan kandidat dari Kota Payakumbuh antara lain, Karang Taruna Karya Bersama berhasil memainkan dua peranan yang sangat prinsip sebagai penggerak Usaha Kesejahteraan Sosial dan Usaha Ekonomi Produktif pemuda di Kelurahannya.

"PSM Parit Rantang mampu membangun jejaring kerja dengan pendamping-pendamping program lain di kelurahan, seperti pendamping PKH, Lansia, dan menjadikan Parit Rantang sebagai pusat kesejahteraan sosial," ujarnya.

Selain itu, TKSK Wildawati juga bisa diandalkan untuk menjadi pensupport camat dalam konteks layanan kesejahteraan sosial di lingkungan Kecamatan Payakumbuh Selatan.

"Disana ada Kube Berprestas, pilot project program Family Care Unit, aktif dalam PKH dan program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)," ujarnya.

Setelah masuk ke 5 besar, seluruh pilarnini akan menghadapi seleksi lanjutan yakni penilaian lapangan yang akan dilaksanakan pada minggu kedua bulan Juni 2019.

"Dinas Sosial akan menyurati camat, lurah, serta peserta lomba untuk berkoordinasi mempersiapkan pilar-pilar yang masuk lima besar nominasi Provinsi," tambahnya.

Menurutnya perhatian pemko untuk pilar-pilar sosial berprestasi cukup baik, tidak banyak daerah yang mampu memperlihatkan perhatian sosial seperti ini secara gamblang, bahkan disaat seleksi.

Selain tiga pilar tersebut, satu lagi perwakilan sosial Kota Payakumbuh yang akan mengikuti penilaian di tingkat Provinsi, yaitu Kube Hidayah dengan pendamping Metriati dari Kelurahan Sawahpadang Aua Kuniang.

"Penilaian akan dilaksanakan setelah lebaran, usahanya songok ayam, katering, kerajinan rotan, dan banyak lagi," ujarnya. (*)