Wako Pariaman minta Karang Taruna buat wisata olahraga

id Genius Umar

Wali Kota Pariaman Genius Umar. (Antara Sumbar/Muhammad Zulfikar)

Pariaman, (Antaranews Sumbar) - Wali Kota Pariaman, Sumatera Barat, Genius Umar meminta organisasi pemuda Karang Taruna di daerah itu untuk membuat wisata olahraga atau 'sport toursm' guna menarik wisatawan ke daerah itu.

"Banyak peran yang dapat diambil oleh Karang Taruna terutama untuk pariwisata di Pariaman," kata dia di Pariaman, Kamis.

Ia mengatakan salah satu peran Karang Taruna tersebut yaitu berupa membuat even wisata olahraga yang mana pada bidang itu identik dengan pemuda.

Adapun jenis olahraga yang dapat dikembangkan yaitu Pariaman Berlari, Pariaman Triathlon, sepatu roda, futsal, volly pantai.

"Even-even itu dapat dikemas semenarik mungkin untuk menarik minat peserta dan wisatawan," ujarnya.

Ia menyampaikan even tersebut hendaknya tidak saja mencangkup Kota Pariaman saja namun tingkat Sumatera sehingga orang akan berbondong-bondong mengikuti kegiatan tersebut sambil beriwisata ke Pariaman.

Ia juga meminta Karang Taruna Kota Pariaman dapat mempromosikan objek wisata di kota itu dengan memanfaatkan jaringan organisasi kepemundaan yang terebar dari pusat hingga kepedesaan melalui internet.

"Potensi tersebut dapat dimanfaatkan sebagai pemasaran digital untuk mempromosikan wisata Pariaman," kata dia.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Sumbar Mahdianur Musa mendorong Karang Taruna di daerah itu untuk ikut berperan mengembangkan pariwisata.

"Di beberapa daerah di Sumbar telah mengambil peran pengembangan wisata di daerahnya masing-masing," ujar dia.

Ia menyebutkan salah satu Karang Taruna yang mengembangkan objek wisata yaitu di Kota Padang dengan mengelola pulau untuk pariwisata.

Ia mengatakan dipercayakannya Karang Taruna untuk mengelola pulau tersebut karena peran organisasi kepemudaan itu dirasakan oleh masyarakat. (*)

Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar