Bupati Solok Selatan harapkan Korpri jadi pusat inovasi pelayanan publik di daerah

id korpri

Bupati Solok Selatan harapkan Korpri jadi pusat inovasi pelayanan publik di daerah

Wakil Ketua Korpri Sumbar, Amran mengukuhkan kepengurusan Korpri Solok Selatan di aula Sarantau Sasurambi kabupaten itu, Kamis (17/1). (Antara Sumbar/Erik IA)

Padang Aro, (Antaranews Sumbar) - Bupati Solok Selatan, Sumatera Barat, Muzni Zakaria mengharapkan Korpri dapat menjadi pusat inovasi untuk kemajuan dan peningkatan kualitas pelayanan publik di daerah itu.

"Anggota Korpri harus mampu melakukan inovasi-inovasi agar pelayanan publik bisa makin murah, cepat, dan terus membaik demi kesejahteraan masyarakat," kata Muzni melalui Sekretaris Daerah Yulian Efi saat menghadiri Musda dan pelantikan pengurus Korpri Solok Selatan di Padang Aro, Kamis.

Selain itu katanya, anggota Korpri juga harus mampu mewujudkan tata pemerintahan dan budaya birokrasi yang baik, kredibel dan akuntabel.

"Hilangkan berbagai kendala yang dapat mengurangi produktivitas dan menghambat percepatan laju pembangunan," ujarnya.

Ia yakin seluruh angggota Korpri Kabupaten Solok Selatan mampu menjadi aparatur yang memenuhi standar kualitas sehingga reformasi birokrasi akan berjalan dengan baik dan prinsip pelayanan prima dalam rangka pelayanan publik akan terwujud.

Anggota Korpri juga harus mampu menjadi pelopor dan pembina dalam mengubah masyarakat dan lingkungannya menjadi masyarakat yang berkualitas.

Dengan demikian katanya, Solok Selatan akan menjadi daerah yang maju dan mampu bersaing dengan daerah lain.

Menurut dia, Korpri merupakan wadah untuk menghimpun seluruh pegawai demi meningkatkan pengabdian, perjuangan serta kesetiaan pada cita-cita perjuangan bangsa.

Pegawai katanya, mempunyai fungsi strategis dalam kehidupan berbangsa dan bernegara karena mereka merupakan aparatur administratur negara sebagai penggerak roda birokrasi.

Wakil Ketua Korpri Sumbar Amran mengatakan, anggota Korpri memiliki tiga peran utama yaitu abdi negara, abdi masyarakat dan abdi pemerintah.

Sebagai abdi negara Korpri wajib menjadi contoh dalam menjalankan konstitusi, menciptakan kehidupan kenegaraan yang kondusif.

Sedangkan sebagai abdi masyarakat harus bisa melayani mereka secara prima dan sebagai abdi pemerintah mesti memberikan dukungan terhadap jalannya pemerintahan guna terwujudnya tata kelola tata pemerintahan yang baik dan bersih. (*)