Sumbar siapkan rendang bantu korban gempa Sulteng

id Gempa, bencana, donggala, palu, rendang

Sumbar siapkan rendang bantu korban gempa Sulteng

Ilustrasi rendang. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Batusangkar, (Antaranews Sumbar)- Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menyiapkan rendang yang akan dikirim kepada korban gempa dan tsunami yang melanda beberapa daerah di Sulawesi Tengah.

Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit di Batusangkar, Sabtu, mengungkapkan rasa prihatin atas bencana yang terjadi dan saat ini pihaknya juga sedang mempersiapkan bantuan untuk hal tersebut.

"Dalam waktu dekat kita akan kembali mengumpulkan rendang, bagi masyarakat yang ingin menyumbang silahkan datang ke kantor gubernur," katanya.

Ia menyebutkan, untuk masyarakat yang akan ikut berdonasi diharapkan agar rendang tersebut langsung dikemas dengan satu kemasan seberat setengah kilo.

Hal itu bertujuan agar rendang-rendang tersebut nantinya dapat dengan mudah dibagikan kepada masyarakat yang tertimpa musibah.

Sementara itu, sebelumnya dari Sumbar sudah diberangkatkan relawan dari BPBD, Tagana, dan PMI. Tinggal lagi bantuan dalam bidang logistik.

"Saat ini kita akan mengupayakan bantuan di bidang logistik, seperti makanan, tenda serta pakaian layak pakai," ujarnya.

Ia mengharapkan semoga bantuan yang tengah disiapkan ini dapat bermanfaat. Selain itu ia juga berharap agar bencana alam yang terjadi tidak menelan banyak korban.

Sebelumnya, Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan pengiriman personel Tim SAR maupun logistik ke Kota Palu dan Donggala saat ini belum lancar karena akses darat, udara dan laut menuju daerah terdampak gempa masih sulit ditembus.

"Dengan jalur darat sudah dilakukan sejak semalam tapi karena tidak ada jaringan komunikasi kami tidak bisa dapat laporan dari tim BPBD," katanya.*