KPU targetkan partisipasi pemilih mencapai 70 persen

id KPU PADANG,Partisipasi Pemilu

KPU targetkan partisipasi pemilih mencapai 70 persen

Ketua KPU Padang M Sawati (Antara Sumbar)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang, Sumatera Barat menargetkan partisipasi pemilih pada Pemilihan Legislatif dan Pemilu Presiden 2019 mencapai 70 persen.

Ketua KPU Kota Padang M Sawati di Padang, Senin mengatakan target ini cukup realistis untuk dicapai karena pada Pilkada Padang yang lalu tingkat partisipasi pemilih mencapai 64 persen.

"Kami yakin mampu mencapai target tersebut karena dalam Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden ini berbeda dengan Pilkada Padang," katanya.

Menurut dia pemilu presiden ini akan menyedot perhatian masyarakat dan membuat mereka ingin datang ke TPS untuk menyalurkan hak pilih.

Sementara untuk Pileg, ratusan caleg tentu akan berupaya untuk mengajak keluarga, masyarakat di lingkungan mereka untuk berangkat ke TPS.

"Kami juga akan melakukan sosialisasi yang maksimal agar tingkat partisipasi masyarakat meningkat," ujar dia.

Kemudian Sawati mengajak masyarakat untuk mengurus KTP elektronik mereka karena dalam Pileg dan Pilpres nanti pemilih yang tidak memiliki KTP elektronik tidak dapat menyalurkan hak pilih mereka.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat Kota Padang agar segera mengurus KTP elektronik mereka agar nantinya tidak kehilangan hak pilih pada Pilpres dan Pileg 2019.

"Kami telah berkoordinasi dengan Disdukcapil Padang terkait hal ini," kata dia.

Sebelumnya KPU Kota Padang menetapkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di daerah itu sebanyak 551.817 pemilih untuk Pilpres dan Pileg 2019. (*)