Susu murni bisa dimanfaatkan sebagai pengganti santan

id susu murni pengganti santan,pemanfatan susu murni pengganti santan

Susu murni bisa dimanfaatkan sebagai pengganti santan

Demo masak memanfaatkan susu murni sebagai pengganti santan dalam pembuatan rendang di Padang Panjang, Kamis(12/7). (Antara Sumbar/ Diskominfo Padang Panjang)

Selama ini susu murni biasa untuk diminum, kali ini kami coba pemanfaatannya sebagai pengganti santan untuk masakan rendang
Padang Panjang, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, mencoba mengenalkan kepada masyarakat setempat tentang pemanfaatan susu murni ke dalam makanan, yaitu sebagai pengganti santan.

"Selama ini susu murni biasa untuk diminum, kali ini kami coba pemanfaatannya sebagai pengganti santan untuk masakan rendang," kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pangan dan Pertanian setempat, Wahid di Padang Panjang, Kamis.

Pemanfaatan susu sebagai santan dikenalkan lewat kegiatan demo masak yang dilaksanakan pemerintah setempat bersama Koperasi Peternak Sapi Perah Merapi Singgalang (KPSP Mersi) dan Fonterra Brands Indonesia.

Dengan menghadirkan juru masak profesional, demo masak bertujuan memberikan informasi bagi masyarakat mengenai alternatif pemanfaatan susu murni ke dalam makanan.

"Yang penting saat ini coba belajar dulu sehingga menciptakan kreativitas mengolah makanan. Susu tentu punya kandungan gizi yang baik," katanya

Sebelumnya Dinas Pangan dan Pertanian sudah bekerja sama dengan Fonterra Brands Indonesia sejak 2012 dan susu murni telah diaplikasikan dalam bentuk yogurt, permen dan lainnya.

Diharapkan para ibu anggota PKK, perwakilan kelurahan, peternak dan pelaku usaha kecil menengah yang mengikuti demo masak tersebut dapat memanfaatkan kesempatan itu sebaik-baiknya.

Selanjutnya peserta demo masak dapat memanfaatkan susu pada berbagai produk makanan dan melihat peluang usaha dari kreativitas tersebut.

"Bisa dihitung berapa biaya produksi, bagaimana cita rasanya hingga gizi. Dengan begitu dapat meningkatkan konsumsi susu dan mendorong usaha peternakan sapi perah," ujarnya. (*)