Pemkab Sediakan Bantuan MTQ Antisipasi Peminta Sumbangan di Jalan

id Minta sumbangan

Pemkab Sediakan Bantuan MTQ Antisipasi Peminta Sumbangan di Jalan

Ilustrasi, meminta sumbangan di jalan raya. (Antara)

Padang Aro, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat menyediakan dana sebesar Rp55 juta untuk membantu pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) yang digelar masyarakat pada Ramadhan, agar tidak lagi meminta sumbangan di jalan.

"Kita menyediakan dana Rp55 juta tetapi untuk pembagiannya masih menyusun strateginya, karena tidak mungkin semua masjid dibantu dengan dana tersebut, jadi akan dibagi tujuh masjid per kecamatan," kata Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setdakab Solok Selatan, Zuardi di Padang Aro, Rabu.

Untuk pembagian dana ini pihaknya akan menerima proposal masyarakat yang akan diberi bantuan sebesar Rp1 juta setiap masjid.

Bantuan untuk pelaksanaan MTQ kata dia, baru tahun ini mulai dianggarkan dengan tujuan utamanya mengurangi peminta di jalan raya.

Untuk menghentikan keseluruhan aktivitas meminta di jalan raya katanya, akan sulit sebab dana yang tersedia juga terbatas, sedangkan jumlah masjid dan mushalla cukup banyak.

Ia mengimbau masyarakat agar tidak meminta sumbangan di jalan raya, sebab akan membahayakan pengendara maupun yang meminta.

Sedangkan jumlah masjid di Solok Selatan saat ini sebanyak 189 unit dan mushalla 359 unit.

Ia menambahkan sejak awal Ramadhan sudah muncul di beberapa titik jalan peminta sumbangan dan kebanyakan untuk pelaksanaan MTQ.

Terkait tim safari Ramadhan kabupaten kata dia, akan mengunjungi 35 masjid atau lima masjid per kecamatan.

"Setiap masjid yang dikunjungi akan dibantu Rp10 juta ditambah 10 buah Al Quran," ujarnya.

Tim safari Ramadhan kabupaten ini akan mulai turun pada 5 hingga 8 Juni 2017. (*)