Pemkot Selenggarakan Diklat "Out Bond" Bagi Pejabat

id Padang Panjang

Padang Panjang, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kota (Pemkot) Padang Panjang, Sumatera Barat, melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD)menyelenggarakan Diklat Out Bond bagi pejabat eselon II dan III yang ada di daerah itu.

Wali Kota Padang Panjang, Hendri Arnis melalui Asisten Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Umum Yas Edizarwin di Padang Panjang, Senin, mengatakan pelaksanaan Out Bond itu untuk mewujudkan aparatur mengenal kemampuan diri, kondisi luar, mampu menyusun strategi, langkah kerjasama, mampu melakukan terobosan serta mengembangkan profesionalisme.

Ia juga mengharapkan dengan adanya Out Bond itu hendaknya dapat meningkatkan kualitas kerja dari pejabat yang mengikuti kegiatan tersebut.

"Kualitas kerja yang sangat diharapkan antara lain meningkatnya kepemimpinan individu dalam kelompok, kemampuan untuk bekomunikasi, kemampuan untuk membuat dan mengeksekusi suatu rencana, fleksibelitas dalam bekerja, pendelegasian pekerjaan , "team work", dan peningkatan motivasi," tambahnya.

Kegiatan Out Bond itu hendaknya bukan hanya sekedar rekreasi, akan tetapi lebih untuk menjalin kedekatan emosional yang lebih erat disamping juga untuk pembentukan karakter SDM Aparatur sebagai individu yang handal dari segi kecerdasan spritual, emosional dan intelektual sehingga mampu bekerjasama dalam tim dan bersinergi dalam bekerja.

Kepala BKD Kota Padang Panjang, Martoni mengatakan kegiatan itu adalah yang pertama kali dilakukan dan bekerjasama dengan lembaga pelatihan atau konsultan pelatihan yang profesional dalam hal pelatihan Out Bond.

Kegiatan yang akan dilaksanakan seperti, 'team building goal' yang menunjukkan bahwa kerjasama adalah hal yang mutlak dalam pencapaian tujuan. Berbagai permasalahan akan dihadapi oleh peserta dimana mereka tidak mungkin menghadapi sendiri, saling tergantung, kerjasama.

Pentingnya komunikasi dan membangun sesuatu tim yang kompak adalah tujuan dari pelatihan ini, kemudian 'leadership Goal' dengan tujuan megasah jiwa kepemimpinan yang terdapat pada diri perserta.

"Kegiatan itu diikuti oleh 90 orang pejabat eselon II dan III yang berlangsung di Minang Fantasi Kelurahan Silaing Bawah selama 6 hari, dari Senin (22/8) s/d Sabtu (27/8)," katanya.

Masyarakat Padang Panjang, Jasman menilai kegiatan yang dilaksanakan oleh salah satu instansi pemerintah itu sangat bermanfaat demi pelaksanaan pemerintahan kearah yang lebih baik lagi.

"Mudah-mudahan Out Bond yang dilaksanakan itu bisa bermanfaat untuk mengasah kemampuan seseorang dalam pelaksanaan pemerintahan kedepannya," sebutnya. (*)