Pemkot Solok raih berbagai juara pada lomba Forikan tingkat Sumbar

id Pemkot Solok, raih berbagai juara, lomba Forikan, tingkat Sumbar,Solok

Pemkot Solok raih berbagai juara pada lomba Forikan tingkat Sumbar

Tim Forikan Kota Solok usai mengikuti lomba Forikan tingkat Sumbar. ANTARA/HO-Diskominfo Kota Solok

Solok (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Solok meraih berbagai predikat juara pada lomba Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) tingkat Provinsi Sumatera Barat yang rutin dilaksanakan setiap tahun.

Kepala Dinas Pertanian Kota Solok selaku Pengarah Forikan Kota Solok, Zulkifli, di Solok, Rabu, mengatakan pada lomba yang diikuti Forikan Kota Solok mendapat beberapa prestasi, yaitu Juara I Lomba Masak Serba Ikan Menu Balita, Harapan I Menu Keluarga, dan Juara I Bazar Akuascape.

"Lebih lanjut juga Juara I Kelompok Pengolahan dan Pemasaran (Pohlahsar) Perikanan yang telah melakukan kerja sama dengan UMKM lain atas nama Poklahsar Kimka," katanya.

Para pemenang tahun ini akan mewakili Sumatera Barat di lomba Forikan tingkat nasional pada tahun 2025.

Pada tahun 2024 ini, Forikan Provinsi Sumatera Barat yang difasilitasi Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat menyelenggarakan berbagai kegiatan yaitu Rakor Forikan, Lomba Masak Serba Ikan, Lomba Masak Ikan Gariang, Bazar Olahan Ikan, Bazar Ikan Hias dan Akuascape, Lomba Mewarnai untuk TK, Pengujian Formalin untuk olahan ikan dan pemberian paket olahan ikan.

Zulkifli juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada kontingen Kota Solok yang telah bekerja keras tidak hanya pada tiga hari acara di Padang saja, namun sejak dilakukan persiapan di Kota Solok berupa latihan pengolahan menu masakan ikan.

“Semua keberhasilan ini merupakan kerja tim yang solid, jadi untuk tim diucapkan terima kasih atas kerja kerasnya dan selamat untuk semua,” ucapnya.

Selain itu, pada tahun ini ajang forum yang diketuai isteri para kepala daerah ini dilaksanakan di gedung Rohana Kudus Kota Padang untuk tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Di samping itu, Pemkot Solok juga mengharapkan keberadaan forum ini dapat meningkatkan konsumsi ikan masyarakat di daerah itu melalui berbagai gebrakan yang dilakukan.