PB Ikasmantri Gelar Blue Ocean Minang Run 2024, padukan olahraga dan aksi sosial

id Blue Ocean Minang Run 2024

PB Ikasmantri Gelar Blue Ocean Minang Run 2024, padukan olahraga dan aksi sosial

Padang (ANTARA) - Ikatan Alumni SMA Negeri 3 (Ikasmantri) Padang, Sumatra Barat (Sumbar) yang memiliki keanggotaan lebih dari 16.000 orang akan menggelar acara akbar Blue Ocean Minang (BOM) Run 2024.

Ketua Umum PB Ikasmantri Rahyussalim mengatakan kegiatan itu selain menjadi ajang reuni bagi para alumni, juga menjadi momentum untuk memberikan kontribusi nyata bagi lingkungan dan masyarakat.

"Blue Ocean Minang Run 2024 ini bukan hanya sekedar lomba lari, tetapi juga merupakan bentuk kepedulian terhadap lingkungan khususnya laut," katanya di Padang, Minggu.

Pihaknya ingin mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga keindahan alam dan kelestarian ekosistem laut lewat event yang akan digelar.

Ia mengatakan untuk lomba lari maraton dengan rute yang dilalui adalah sepanjang pesisir pantai Padang dengan daya tarik tersendiri.

Peserta tidak hanya berlomba untuk meraih prestasi, tetapi juga dapat menikmati keindahan alam sambil berkontribusi menjaga kebersihan pantai.

Ia mengatakan rangkaian kegiatan akan dimulai pada 1 Desember 2024, dan puncaknya akan dilaksanakan pada 21 April 2025.

Sementara itu Ketua Panitia BOM Run 2024 Rennal Arifin menyampaikan dalan Blue Ocean Minang Run 2024, pihaknya juga menyandingkan berbagai kegiatan lain untuk wadah anak muda.

Lomba Jalan Santai dan Bersih Pantai ini dimulai dari SMA 3 Padang dan berakhir di Pantai Taman Budaya.

Selain jalan sehat peserta diwajibkan untuk memungut sampah di sepanjang pesisir pantai sebagai bentuk edukasi pada masyarakat untuk menjaga ekosistem laut dan keseimbangan lingkungan, terutama sampah plastik yang bisa merusak habitat laut.

Kemudian kegiatan lain adalah Gerakan Bulan Cinta Laut dengan bentuk membersihkan laut dan pantai sebagai bentuk dukungan pada pemerintah terutama Dinas Kelautan dan Perikanan yang rencananya akan dibuka oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono.

Sementara itu puncak Blue Ocean Minang (BOM) Run 2024 akan dilaksanakan pada 21 April 2025.

BOM Run merupakan puncak kegiatan berupa lomba half marathon yang terdiri atas tiga kategori yaitu 5K, 10K, dan 21K dengan rute sepanjang pesisir pantai Padang.

Lomba tersebut akan memperebutkan total hadiah sebesar 125 juta dan hadiah menarik lainnya bagi para peserta.

Selain kegiatan half marathon, lanjut Rennal, pada hari yang sama akan dilaksanakan kegiatan lain berupa kegiatan lomba musik (Festival Band) dan lomba dance antar SMA se-Kota Padang.

Kegiatan itu diharapkan dapat menyalurkan semangat kreativitas para pelajar lewat pentas seni, fashion show, dan hiburan lainnya.

Pada hari itu juga dilaksanakan Bazar UMKM yang memamerkan ciri budaya masyarakat Minangkabau baik berupa makanan, hasil kerajinan tangan, maupun jajanan pasar yang rencananya akan melibatkan Dekranasda Kota Padang.