Jalan santai Econext Ventures di Sawahlunto juga kumpulkan ratusan kilogram sampah

id Komunitas Multitalenta Alam Sawahlunto,berita sawahlunto,berita sumbar,Econext Ventures

Jalan santai Econext Ventures di Sawahlunto juga kumpulkan ratusan kilogram sampah

Panitia jalan santai dan membersihkan lingkungan bersama Econext Ventures di Sawahlunto sedang menimbang jumlah berat sampah yang dipungut peserta jalan santai tersebut, Minggu. (Antarasumbar/HO-dokumentasi panitia)

Sawahlunto (ANTARA) - Komunitas Multitalenta Alam Sawahlunto, Sumatera Barat yang didukung Econext Ventures Peduli mengedukasi masyarakat kota itu untuk menjaga kebersihan dan pelestarian lingkungan.

Ketua Komunitas Multitalenta Alam Sawahlunto Kukuh Sunarno, di Sawahlunto, Senin menyampaikan kegiatan edukasi masyarakat itu dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan jalan santai yang menawarkan hadiah doorprize senilai total belasan juta rupiah.

"Melalui iven ini, kami mengedukasi hampir seribu masyarakat peserta jalan santai tersebut tentang keutamaan menjaga kebersihan lingkungan. Selain itu kami juga berhasil mengumpulkan ratusan kilogram sampah yakni yang dipungut oleh para peserta sambil melalui rute jalan santai," kata dia.

Ia menyebut di luar dua manfaat itu, kegiatan jalan santai tersebut sekaligus juga memberi manfaat bagi belasan pelaku UMKM yang menggunakan kesempatan acara itu untuk berdagang.

Kegiatan jalan santai dan bersih-bersih lingkungan tersebut telah diselenggarakan pada Minggu (25/08) dengan rute start dan finish di Stasiun Kereta Api Kampung Teleng.

"Panitia menyediakan puluhan jenis hadiah doorprize dengan total hadiah senilai Rp15 juta. Untuk hadiah utama berupa mesin cuci, sepeda, kulkas, kompor gas," kata dia.

Ketua Komunitas Kukuh Sunarno menyebut kegiatan itu menjadi kegiatan ketiga dari Komunitas Multitalenta Alam yang didukung oleh Econext Ventures Peduli di Sawahlunto.

"Kegiatan pertama yakni bantuan sembako untuk warga terdampak bencana longsor di Silungkang sekaligus gotong royong membersihkan sungai dan destinasi wisata. Setelah itu sosialisasi/pelatihan pemanfaatan abu FABA PLTU untuk membuat batako," kata dia.

Ia menjelaskan komunitasnya dalam kegiatan tersebut digandeng oleh perusahaan Econext Ventures untuk melaksanakan program perusahaan itu dalam menyentuh dan membantu masyarakat serta lingkungan.

"Jadi Econext Ventures ini adalah perusahaan multinasional dari Amerika yang bergerak di sektor green energy (energi hijau ramah lingkungan) dan teknologi daur ulang sampah plastik. Econext Ventures ini juga menawarkan solusi terhadap penanggulangan emisi karbon dan energi baru terbarukan," ujar dia menjelaskan.

Kukuh menyebut Komunitas Multitalenta Alam Sawahlunto mempunyai semangat dan filosofi yang selaras dengan visi misi perusahaan Econext Ventures yang berfokus untuk membantu masyarakat dan melestarikan lingkungan serta memberdayakan potensi energi terbarukan.

"Ke depan, masih banyak peluang kegiatan yang bisa kita laksanakan dan didukung oleh Econext Ventures. Nantinya kita juga akan bergerak membantu masyarakat memberdayakan potensi pertanian atau industri agroteknologi yang ramah lingkungan," katanya.