BPJS Ketenagakerjaan serahkan tabungan JHT anggota DPRD Sawahlunto 2019-2024

id BPJS Ketenagakerjaan Cabang Solok

BPJS Ketenagakerjaan serahkan tabungan JHT anggota DPRD Sawahlunto 2019-2024

Pj Sekda Sawahlunto Irzam bersama Kepala BPJS Ketenagakerjaan Maulana Anshari dan Ketua DPRD Sawahlunto Eka Wahyu foto bersama setelah penyerahan Jaminan Hari Tua. (Antarasumbar/HO-Prokopim Sawahlunto)

Sawahlunto (ANTARA) - BPJS Ketenagakerjaan Cabang Solok, Sumatera Barat menyerahkan tabungan Jaminan Hari Tua (JHT) kepada anggota DPRD Kota Sawahlunto masa jabatan 2019-2024.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Solok Maulana Anshari Siregar, dihubungi dari Sawahlunto, Selasa menyampaikan total JHT yang diserahkan yakni senilai Rp363.768.409,- untuk 11 orang anggota DPRD.

"Masing-masing anggota DPRD Sawahlunto masa jabatan 2019-2024 ini menerima tabungan JHT senilai Rp33.069.855,-. Penyerahannya telah kita lakukan pada momen malam resepsi pisah sambut anggota DPRD di aula BDTBT Senin (12/08),” kata dia.

Ia mengatakan seluruh anggota DPRD Sawahlunto masa jabatan 2019-2024 telah terdaftar menjadi anggota BPJS Ketenagakerjaan dengan mengikuti lima program jaminan perlindungan.

“Di Provinsi Sumatera Barat, tercatat DPRD Sawahlunto merupakan DPRD pertama yang sudah mendaftarkan seluruh anggotanya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Kami sangat apresiasi ini, menunjukkan komitmen pihak legislatif Sawahlunto dalam menindaklanjuti arahan Instruksi Presiden Nomor 02 Tahun 2021 tentang optimalisasi pelaksanaan program BPJS Ketenagakerjaan,” katanya.

Ketua DPRD Kota Sawahlunto masa jabatan 2019-2024 Eka Wahyu yang merupakan salah satu penerima tabungan JHT tersebut menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada BPJS Ketenagakerjaan atas program dan kinerja yang telah dilaksanakan.

“DPRD Sawahlunto mendukung program perlindungan sosial bagi pekerja baik formal maupun informal ini melalui program BPJS Ketenagakerjaan. Bukti dukungan ini direalisasikan langsung dengan seluruh anggota menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan,” katanya.

Penjabat (Pj) Wali Kota Sawahlunto Fauzan Hasan menyebut tingkat kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan di Sawahlunto saat ini terus mengalami kenaikan, menunjukkan komitmen dalam terciptanya perlindungan terhadap para pekerja di kota itu.

“Dukungan dari Pemkot juga sangat tinggi. Yakni kita sekarang membantu dengan program perlindungan pekerja rentan, termasuk sampai ke Desa/Kelurahan juga ikut berkontribusi dalam program ini,” kata dia.

Ia mencontohkan, pekerja informal yang saat ini dibantu oleh Pemkot Sawahlunto menjadi peserta dan dibayarkan premi BPJS Ketenagakerjaannya yaitu tenaga keagamaan, tokoh adat (LKAAM, KAN, Bundo Kanduang), tukang ojek dan lain-lain. (Yudha Ahada)