Pemkab Solok harapkan lomba memasak serba ikan sukseskan Gemarikan

id Pemkab Solok, masak serba ikan, sukseskan Gemarikan

Pemkab Solok harapkan lomba memasak serba ikan sukseskan Gemarikan

Ketua Forikan Kabupaten Solok Emiko Epyardi Asda saat menghadiri lomba memasak serba ikan se-Kabupaten Solok, Sumatera Barat. ANTARA/HO-Diskominfo Solok.

Solok (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok, Sumatera Barat mengharapkan lomba memasak serba ikan mampu menyukseskan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di daerah setempat.

Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kabupaten Solok Emiko Epyardi Asda di Solok, Minggu, mengharapkan lomba masak serba ikan memberikan manfaat serta meningkatkan keterampilan dalam mengolah makanan berbahan ikan, sekaligus ajang kampanye kepada masyarakat tentang ajakan makan ikan di daerah itu.

Dia menjelaskan ikan salah satu sumber bahan makanan yang memiliki kandungan zat gizi serta bermutu tinggi. Kandungan protein pada ikan jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis protein hewani lainnya.

Ia mengimbau para ketua forikan tingkat kecamatan se-Kabupaten Solok mengampanyekan gerakan makan ikan demi kesehatan dan kecerdasan generasi masa depan bangsa.

Kandungan gizi yang terdapat pada ikan, ujar dia, sebagai baik dan bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.

Selain itu, dengan mengonsumsi ikan setiap hari dapat meningkatkan kecerdasan otak dan fokus pada anak, memperbaiki kemampuan penglihatan mata, serta meningkatkan imunitas dan daya ingat anak.

Dia mengharapkan kegiatan ini juga ajang mempromosikan kekayaan kuliner di Kabupaten Solok.

Kepala Dinas Perikanan dan Pangan Kabupaten Solok Syoufitri mengatakan para peserta lomba terdiri atas dua orang utusan anggota forikan tingkat kecamatan se-Kabupaten Solok.

Para peserta berkompetisi dalam menciptakan berbagai hidangan inovatif berbahan dasar ikan dengan tiga jenis tema, yaitu menu hidangan keluarga, menu kudapan, dan hidangan menu untuk balita.

Pemenang lomba akan memperoleh hadiah, yakni juara I uang Rp3.000.000, juara II Rp2.500.000, juara III Rp2.000.000, harapan I Rp1.750.000, harapan II Rp1.500.000, dan harapan III Rp1.250.000.

Ia juga berharap, dengan lomba masak serba ikan serta seruan mengenai gerakan itu mendorong anak-anak gemar mengonsumsi ikan karena kandungan gizi dimiliki ikan sebagai besar dan baik dibandingkan dengan daging lainnya.

Ikan mengandung banyak asam lemak omega-3 yang sehat dan baik untuk kesehatan. Kandungan gizi yang terdapat pada ikan dapat mengurangi peradangan, membantu melindungi jantung, dan dapat mencegah penyakit kronis.

Ikan juga mengandung Vitamin D yang tinggi dan dianggap menjadi salah satu sumber makanan terbaik.

Pada zaman sekarang memasak tidak hanya masalah mencampurkan bumbu tetapi masalah keindahan dan estetika dan seni dalam mengolah makanan dengan tujuan dapat menunjang perekonomian masyarakat.