Pemkot Solok pelatihan "coding" untuk wujudkan pendidikan kelas dunia

id Pemko Solok, pelatihan coding, pendidikan berkelas dunia

Pemkot Solok pelatihan "coding" untuk wujudkan pendidikan kelas dunia

Dinas Pendidikan Kota Solok, Sumatera Barat mengadakan pelatihan "coding" untuk wujudkan pendidikan berkelas dunia. ANTARA/HO-Diskominfo Solok.

Solok (ANTARA) - Dinas Pendidikan Kota Solok, Sumatera Barat menyelenggarakan peluncuran pelatihan coding sekaligus penyerahan penghargaan dari salah satu yayasan untuk mewujudkan pendidikan berkelas dunia.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Solok Irsyad di Solok, Sabtu, mengatakan penggunaan platform Google dalam penyelenggaraan pemerintahan dapat membantu mewujudkan Kota Solok sebagai salah satu Kota Pintar di Indonesia dan membantu membawa pendidikan Kota Solok menuju kelas dunia.

“Dengan pemanfaatan teknologi informasi sebagai pendukung terwujudnya Kota Solok sebagai Smart City (Kota Pintar), diharapkan ke depannya berbagai persoalan yang ada dapat diselesaikan guna mewujudkan pelayanan publik yang berdampak pada kondisi yang nyaman,” katanya.

Selain itu, industri teknologi telah merambah ke seluruh aspek kehidupan, termasuk bidang pendidikan sehingga kolaborasi dengan digital menambah pengembangan kualitas pendidikan di Kota Solok.

Ia menyebut transformasi digital sesuai dengan tantangan yang dihadapi dunia saat ini. Era digital telah merevolusi semua bidang, termasuk pendidikan. Kolaborasi dengan digital dapat membantu meningkatkan sistem pendidikan yang berorientasi ke masa depan.

"Tentunya pendidikan digital harus tetap melindungi ruang pribadi siswa,” ujarnya.

Direktur Putera Sampoerna Foundation Eka Dharmajanto Kasih mengatakan program ini sebagai terobosan yang terdiri atas pelatihan coding, sosialisasi beasiswa untuk SMA/ SMK, serta sosialisasi peningkatan kompetensi digital pendidik.

“Dalam pelatihan guru mendatang diharapkan dapat menjadi sebuah investasi yang sangat berdampak besar dalam dunia pendidikan di Kota Solok,” ucapnya.

Education Spesialis Google untuk wilayah Sumatera Bagian Utara Renti Rosmalis menyatakan Google salah satu mitra pembangunan dari Kemendikbud dalam hal pembuatan program dan transformasi digital.

Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 4 Kota Solok kandidat sekolah rujukan Google ke-34 di Indonesia dan pertama di Sumatera Barat. Di samping itu, SMPN 3 dan SMPN 1 Kota Solok akan didampingi untuk menjadi sekolah yang bertransformasi digital dan berkolaborasi digital.

“Ini adalah moment (kesempatan) yang sangat dinanti. di Kota Solok terdapat beasiswa untuk transformasi digital dan kami juga menyiapkan trainer (pelatih) di Kota Solok untuk dapat membantu menghasilkan guru-guru di Kota Solok yang dapat menerapkan ekosistem digital di sekolahnya masing-masing,” katanya.