Kunker ke Tigo Nagari, Bupati Sabar AS tinjau lokasi pembangunan Polindes

id Bupati Sabar AS,berita pasaman,berita sumbar

Kunker ke Tigo Nagari, Bupati Sabar AS tinjau lokasi pembangunan Polindes

Kunjungan kerja Bupati Sabar AS usai shalat subuh meninjau lokasi Polindes di Padang Laweh Nagari Ladang Panjang Barat Kecamatan Tigo Nagari, Minggu.

Lubuk Sikaping (ANTARA) - Bupati Sabar AS membuka secara resmi didikan shubuh TPQ AL-MUKARRAMAH Ladang Panjang Barat untuk tahun pelajaran 2024/2025, di Masjid Ar Rahman Padang Laweh Nagari Ladang Panjang Barat Kecamatan Tigo Nagari, Minggu.

Turut hadir Kadis Pendidikan, Kabag Kesra, Sekretaris Kominfo, Sekretaris Kesbangpol, Camat Tigo Nagari, Kabid Ekoin BAPPEDA Kabupaten Pasaman, Wali Nagari Binjai, Wali Nagari Malampah, Wali Nagari Ladang Panjang Barat beserta perangkat dan para undangan lainnya.

Dalam peresmian didikan Shubuh, Bupati Sabar AS mengatakan pentingnya membekali generasi muda agar menjadi generasi yang kuat, cerdas dan berkarakter mulia.

“Hal ini sesuai dengan firman Allah Swt Surat An-Nisa Ayat 9 dengan terjemahannya yakni “Dan hendaklah takut (kepada Allah) orang-orang yang sekiranya mereka meninggalkan keturunan yang lemah di belakang mereka yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan)nya. Oleh sebab itu, hendaklah mereka bertakwa kepada Allah, dan hendaklah mereka berbicara dengan tutur kata yang benar”.

“Alhamdulillah hal ini kita wujudkan salah satunya melalui kegiatan Didikan Subuh bagi murid TPA/TPQ Al-Mukarramah Ladang Panjang Barat ini,” jelas Sabar sambil mengucapkan Takbir.

Pengurus TPQ Al-Mukarramah Gustinar Nelita, S.Ap., mengucapkan terimakasih kepada Bupati Pasaman Bapak Sabar AS berserta rombongan yang telah meluangkan waktunya untuk berkunjung di acara ini, sungguh merupakan hal yg sangat luar biasa bagi kami karena baru kali ini kami dapat kunjungan istimewa seperti ini, ucapnya.

Setelah selesai didikan shubuh dilanjutkan peletakan batu pertama pembangunan penambahan sekolah TPA/TPQ Al-Mukarramah sebanyak 3 lokal.

Kemudian, Sabar AS ngopi bareng dengan masyarakat Ladang Panjang Barat yang bertempat di salah satu warung warga sambil menjaring aspirasi apa yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat dan menjadi prioritas pembangunan di tahun ini.

Tak lupa pada kesempatan itu Sabar AS menyampaikan Program pembangunan Pasaman seperti Pendidikan gratis dan Pengobatan gratis, dan Pasaman Berimtag.

"Peningkatan ekonomi melalui pengembangan pariwisata, pertanian, perikanan, maupun pembangunan infrastruktur/jalan secara bertahap, adalah program yang berdampak langsung dan bermanfaat besar bagi masyarakat. Program ini akan kita teruskan ke depannya," kata Sabar AS.

Salah seorang yang dituakan dikampung itu H. Ahmad Ghani sangat merasa bangga bisa minum kopi bareng Sabar AS, dan beliau berpesan tetaplah jadi pemimpin yang rendah hati, ramah tamah, yang merakyat dan konsisten serta bijak dalam pengambilan keputusan.

Setelah itu, Sabar AS melanjutkan perjalanan meninjau lokasi pembangunan Pustu yang tanahnya dihibahkan oleh salah seorang masyarakat kepada Pemda Pasaman.

Sabar AS mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang menghibahkan tanahnya untuk menunjang program Pemerintah Daerah, insyha Allah akan kita bangun di tahun ini, katanya.

"Dalam rangka memaksimalkan pelayanan kesehatan di setiap daerah, Pemerintah Kabupaten Pasaman membangun Pos Persalinan Desa (Polindes dan Pustu) disetiap Jorong yang ada di Kabupaten Pasaman," ucap Sabar AS.

Sambil bercengkrama dengan masyarakat Sabar AS mengatakan, bahwa pembangunan Polindes dan Pustu disetiap kejorongan ini tujuannya untuk dapat melayani kesehatan dengan cepat kepada seluruh masyarakat.

"Sekarang kita baru punya 203 Polindes dari 225 Jorong yang ada di Kabupaten Pasaman dan secara bertahap akan kita lanjutkan pembangunannya," kata Sabar AS.

Lemrizal, S.Pd., MM., tokoh masyarakat Kampuang Buntia yang menghibahkan tanahnya untuk pembangungan Pustu/Polindes mengatakan, semoga bisa digunakan nantinya untuk kepentingan masyarakat.

"Harapannya, dengan di bangunnya Pustu/Polindes di Kampuang Buntia akan memudahkan cucu kemenakannya untuk berobat. Tidak perlu jauh-jauh pergi berobat," ucap Lemrizal

Usai peninjauan lokasi pembangunan Pustu/Polindes, Sabar AS lansung membuka secara resmi MTQ Tingkat Nagari Ladang Panjang Barat yang pertama setelah pemekaran.

Dalam sambutannya, Sabar AS menyampaikan, MTQ ini momen yang sangat strategis untuk membentuk manusia yang berimtaq dan menciptakan generasi qur’ani yang unggul dan berdaya saing dimasa depan. Dan ini merupakan implementasi dari misi peningkatan kualitas sumberdaya manusia melalui program prioritas 'Pasaman berimtaq' untuk terwujudnya masyarakat Pasaman yang lebih baik dan bermartabat, ujarnya.

"MTQ harus terus digalakkan dalam setiap jenjang, baik Nasional, Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, bahkan Nagari untuk meninggikan Kalam Allah dan memupuk kecintaan umat terhadap Al-Quran," ucap Sabar AS.

Pihaknya berharap, kepada Wali Nagari, Niniak mamak dan tokoh masyarakat kiranya melakukan pembinaan maksimal kepada masyarakat kita, kepada cucu kemekanan kita supaya anak-anak kita menjadi orang yang berakhlak, menjadi generasi yang unggul, mejadi generasi yang cerdas, berdaya saing dimasa mendatang.

Wali Nagari Ladang Panjang Barat, Sawaldi dalam sambutannya menyampaikan, tujuan dilaksanakan MTQ ini adalah untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan sesuai dengan Visi dan Misi Pemerintahan Nagari Ladang Panjang Barat yang selaras dengan Visi dan Misi Kabupaten Pasaman, serta menggerakkan hati kita terhadap masyarakat Nagari Ladang Panjang Barat untuk gemar membaca Al-qur'an dan dapat memahami dan menghayati terhadap isi kandungan Alqur'an.

Sawaldi mengucapkan terimakasih kepada seluruh Perangkat Nagari, Ninik Mamak, Tokoh Masyarakat dan lapisan masyarakat Nagari Ladang Panjang Barat atas peran sertanya untuk memeriahkan dan mensukseskan kegiatan MTQ.

"Hal ini tentu selaras dengan tema kegiatan kita yakni Mewujudkan Generasi Islami, Cinta Al-Quran, Cerdas, Dan Berakhlak melalui MTQ Ladang Panjang Barat Barat," ucapnya.

Panitia Pelaksana Rodi Saputra, SH. melaporkan bahwa waktu pelaksanaan Mushabaqah Tilawati Qur'an (MTQ) Tingkat Nagari Ladang Panjang Barat ke 1 dilaksanakan selama 1 hari yaitu pada hari ini Minggu tanggal 28 juli 2024.

Cabang yang diperlombakan dalam MTQ ini ada 6 cabang, yakni Cabang Tilawah Anak-anak dan Remaja, Cabang Tartil Dasar dan Menengah, Cabang Tahfidz Anak-anak dan Remaja, Cabang Fahmil Al-Qur'an (MFQ/CC), Cabang Kutbah Jum'at dan Cabang Bintang Qasidah.