Baznas Solok serahkan bantuan ke korban bencana alam di Tanah Datar

id Baznas Kota Solok, serahkan bantuan, untuk, korban bencana alam

Baznas Solok serahkan bantuan ke korban bencana alam di Tanah Datar

Baznas Kota Solok saat menyerahkan bantuan untuk korban bencana alam banjir bandang di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat (ANTARA/HO-Diskominfo Solok)

Solok (ANTARA) - Badan Amil Zakat (Baznas) Kota Solok menyerahkan bantuan kemanusiaan ke daerah terdampak bencana banjir bandang dan lahar dingin di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Ketua Baznas Kota Solok, AKBP Zaini di Solok, Senin, mengatakan pihaknya ikut serta melakukan penggalangan dana bantuan bencana alam kepada para muzaki (penerima zakat) yang ada di Kota Solok, jamaah masjid serta masyarakat.

Ia menyebutkan dari hasil penggalangan dana Baznas Kota Solok tersebut diberikan untuk korban bencana alam Kabupaten Tanah Datar.

Bantuan tersebut terkumpul sebesar Rp20 juta dan beberapa karung beras serta juga ada titipan pakaian bersih yang sudah siap laundry dan dikemas rapi.

"Maksud dan tujuan kedatangan kami ibarat rinai-rinai pambasuah luko, sangat merasakan kesedihan yang mendalam, sepanjang perjalanan hingga sampai ke sana, kami melihat sisa-sisa bencana yang begitu memilukan dan menakutkan dampak banjir bandang ini," katanya.

Ia juga menyampaikan kepada ketua Baznas Kabupaten Tanah Datar, bahwa Baznas Kota Solok telah melakukan penggalangan dana untuk korban bencana alam di Kabupaten Tanah Datar.

Menurutnya, bencana alam yang terjadi di berbagai titik lokasi di Kabupaten Tanah Datar membuat masyarakat daerah setempat mengalami trauma yang mendalam, banjir bandang yang begitu dahsyatnya menerjang persawahan, hingga permukiman warga, kerugian yang dialami bukan hanya saja materi bahkan korban jiwa.

"Semoga bantuan yang telah diserahkan tersebut dapat disalurkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat nantinya," katanya.

Ia juga berharap, agar masyarakat di Kabupaten Tanah Datar diberikan ketabahan dan kesabaran atas kehilangan baik itu harta bahkan keluarga yang menjadi korban bencana tersebut.

"Kami berdoa agar masyarakat Kabupaten Tanah Datar diberikan ketabahan dan kesabaran atas kehilangan baik itu harta bahkan keluarga yang menjadi korban bencana ini, duka masyarakat Tanah Datar juga merupakan duka kami masyarakat Kota Solok," ucap Zaini.