Ketua DPR tinjau kelas pemberdayaan perempuan di China Women's University

id puan maharani

Ketua DPR tinjau kelas pemberdayaan perempuan di China Women's University

Ketua DPR RI Puan Maharani duduk bersama mahasiswi dalam kelas di di China Women's University, Beijing, China pada Rabu (29/05/2024). (ANTARA/HO-Humas DPR RI)

Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani mengunjungi China Women's University (Universitas Perempuan China) untuk melihat secara langsung kelas pelatihan pemberdayaan perempuan di kampus tersebut.

"Program ini bagus untuk peningkatan kapasitas perempuan, apalagi ada kerja sama antarnegara untuk meningkatkan kapasitas perempuan," kata Puan di China Women's University, Beijing, China pada Rabu (29/5).

China Women's University dipercaya sebagai menjadi basis pertukaran dan pelatihan pemberdayaan perempuan oleh Badan Kerja Sama Pembangunan Internasional China (China International Development Cooperation Agency/CIDCA) dan Federasi Wanita Seluruh China (All-China Women's Federation/ACWF).

Basis pelatihan itu diselenggarakan dengan misi untuk memajukan tujuan pemberdayaan perempuan secara global. Sejak 2013, universitas tersebut telah melatih hampir 1.300 mahasiswi dari 100 negara melalui berbagai program.

Di China Women's University, Puan melihat proses kuliah dan pelatihan bagi mahasiswi perempuan di beberapa kelas

"Perempuan harus selalu dukung perempuan," ungkap Puan kepada para mahasiswi yang hadir dalam kelas.

Pelatihan di China Women's University tersebut diharapkan dapat menyesuaikan program untuk negara-negara berkembang dengan fokus pada pembinaan kapasitas perempuan, kunjungan studi kelas atas, dan program pelatihan asing.

Basis pelatihan itu juga diharapkan dapat menjadi platform untuk memberdayakan pertumbuhan perempuan, memajukan pemberdayaan perempuan, serta memfasilitasi pertukaran dan kerja sama di antara kaum perempuan.

Di kampus itu, Puan disambut Wakil Ketua dan Sekretaris All China Women Federation Lin Yi, Rektor China Women's University Liu Liqun, Sekjen Partai Universitas Perempuan China Liu Yamei, serta sejumlah perwakilan parlemen dan pemerintah China.

Ia bersama 12 anggota DPR RI dari fraksi PDIP juga meninjau gedung sejarah Universitas untuk melihat perkembangan kampus tersebut dari masa ke masa.

Dalam kunjungannya itu, Puan didampingi antara lain oleh Ketua Komisi IV DPR RI Sudin, Ketua Komisi V Lasarus, Wakil Ketua Komisi VIII Diah Pitaloka, Wakil Ketua Komisi IX Charles Honoris, dan Wakil Ketua BURT Dede Indra Permana.

Selain itu, juga hadir anggota Komisi III Johan Budi, anggota Komisi IX Krisdayanti, dan anggota Komisi XI Masinton Pasaribu.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Puan tinjau kelas pemberdayaan perempuan di China Women's University