Pemkot Sawahlunto akan gandeng 'Gen Z" tingkatkan promosi dan edukasi heritage

id Pemkot Sawahlunto,berita sawahlunto,berita sumbar,Pj Wali Kota Fauzan Hasan

Pemkot Sawahlunto akan gandeng 'Gen Z" tingkatkan promosi dan edukasi heritage

Pj Wali Kota Sawahlunto Fauzan Hasan membuka kegiatan perlombaan sejarah heritage untuk pelajar SMP. (Antarasumbar/Yudha Ahada)

Sawahlunto (ANTARA) - Penjabat (Pj) Wali Kota Sawahlunto, Sumatera Barat Fauzan Hasan mengajak perangkat daerah terkait pengelolaan heritage (kota pusaka) untuk meningkatkan sinergi dengan kalangan millenial atau Gen Z.

"Kita menilai setidaknya ada 2 manfaat besar dengan menjalin sinergi kepada Gen Z ini. Pertama memberikan kesadaran dan minat untuk menjaga kelestarian heritage sejak dini, kedua membantu kita dalam mempromosikan nilai wisata dari kekayaan heritage Sawahlunto, karena kita ketahui bersama terutama untuk promosi/branding di media sosial itu Gen Z sangat kuat dan kreatif," kata dia.

Untuk itu dia menyampaikan supaya jajaran perangkat daerah terkait aktif beraudiensi dengan kalangan Gen Z.

"Ini bisa menjadi konsep komunikasi dua arah. Yakni dari kita memberikan edukasi heritage kepada generasi muda, sementara dari generasi muda memberikan saran/rekomendasi promosi dan branding di masa kini kepada kita," kata dia.

Sehingga menurut Pj Wali Kota Fauzan Hasan hal itu akan menimbulkan manfaat bagi kedua belah pihak.

"Contohnya sekarang adalah status warisan dunia (world heritage) yang diberikan UNESCO kepada Sawahlunto. Coba kita memberdayakan potensi ini dengan millenial/Gen Z, bagaimana meningkatkan branding world heritage tersebut ke dimensi sosial media," katanya.

Sebelumnya, Pj Wali Kota Fauzan Hasan mendukung dan mengapresiasi kegiatan Sawahlunto Historical Game yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan Permuseuman dan Peninggalan Bersejarah untuk memberi edukasi dan sosialisasi heritage kepada pelajar SMP.

"Kemaren saya membuka perlombaan untuk anak SMP terkait pengetahuan sejarah Sawahlunto. Ini bagus, pertahankan supaya bisa rutin dilaksanakan setiap tahun," kata dia. (Yudha Ahada)