Penyuluh hukum Kemenkumham Sumbar tanamkan nilai nasionalisme ke WBP

id Kemenkumham Sumbar

Penyuluh hukum Kemenkumham Sumbar tanamkan nilai nasionalisme ke WBP

Padang (ANTARA) - Pejabat fungsional penyuluh hukum Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatra Barat memberikan penyuluhan kepada puluhan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Perempuan Kelas IIB Padang pada Selasa (30/4).

Pada kegiatan itu tema penyuluhan hukum yang diberikan adalah tentang bentuk dan Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagaimana yang diamanatkan dalam Pasal 1 UUD NRI Tahun 1945.

"Kajian kali ini menggunakan pendekatan historis dan normatif agar para WBP memiliki pengetahuan dan wawasan tentang negara sendiri, serta memiliki jiwa nasionalisme yang kuat," kata Pejabat Fungsional Penyuluh Hukum Syamsuriul, Selasa.

Ia mengatakan dengan rasa nasionalisme diharapkan tidak lagi muncul pola pikir yang provokatif dan separatis.

Kegiatan penyuluhan hukum tersebut diikuti oleh 50 orang WBP, sebagai bentuk kegiatan rutin yang dilakukan setiap Selasa.

Ia menjelaskan penyukuhan hukum dilakukan dalam rangka memberikan pemahaman dan informasi tentang hukum bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) sebagaimana yang diamanatkan dalam UU Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan.