Pemkab Alokasi Rp900 juta bantu masjid

id Pemkab Solok Selatan,Berita solsel,Berita sumbar

Pemkab Alokasi Rp900 juta bantu masjid

Ketua DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda menyerahkan bantuan bagi masjid Al Jihad secara simbolis sebesar Rp30 juta yang menjadi lokasi kunjungan tim safari Ramadhan Kabupaten.Antara/Erik

Padang Aro (ANTARA) - Pemkab Solok Selatan, Sumatra Barat mengalokasikan anggaran Rp900 juta untuk membantu masjid selama bulan suci Ramadhan melalui tim safari Ramadhan.

"Tim safari Ramadhan Pemkab Solok Selatan ada enam dan mengunjungi 30 masjid dan setiap masjid yang dikunjungi diberi bantuan Rp30 juta," kata Ketua DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda, saat safari Ramadhan ke Masjid Al Jihad Koto Birah, Jumat malam.

Selain bantuan dana Pemkab Solok Selatan juga memberikan kain sarung beserta sajadah bagi masjid yang dikunjungi.

Dia mengatakan,safari Ramadhan merupakan agenda rutin yang dilakukan oleh Pemkab Solok Selatan dan bantuan untuk masjid juga naik tiap tahunnya.

Bagi pengurus masjid katanya, setelah safari Ramadhan diminta langsung mengurus semua administrasi pencairan dananya ke bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) supaya bisa cepat diproses.

Ia menyebutkan, dulu pernah masjid yang dikunjungi tim safari tidak mengurusnya ke bagian kesra sehingga dananya tidak bisa diberikan dan setelah ditelusuri ternyata pengurus mengira langsung ditransfer ke rekening tanpa di urus.

Dengan kejadian ini katanya, terpaksa dana ditransfer pada tahun anggaran berikutnya sehingga tidak bisa langsung dimanfaatkan untuk pembangunan.

Program keagamaan katanya, merupakan prioritas utama Pemkab Solok Selatan dan salah satunya yaitu rumah Tahfiz.

"Rumah Tahfiz merupakan program yang hasilnya maksimal bagi masyarakat tetapi dengan anggaran yang efisien," ujarnya.