Pemkot Solok telah serahkan donasi dari masyarakat untuk Palestina

id Pemkot telah, serahkan donasi, dari masyarakat, Kota Solok, untuk Palestina

Pemkot Solok telah serahkan donasi dari masyarakat untuk Palestina

Wali Kota Solok Zul Elfian Umar saat menyerahkan donasi dari masyarakat Kota Solok untuk Palestina. (ANTARA/HO-Diskominfo)

Solok (ANTARA) - Pemerintah Kota Solok, Sumatera Barat telah menyerahkan donasi yang dikumpulkan oleh masyarakat di kota itu pada beberapa waktu lalu senilai Rp415 juta untuk rakyat Palestina melalui Kedutaan Besar Palestina di Indonesia.

Wali Kota Solok Zul Elfian Umar di Solok, Senin, mengatakan penyaluran bantuan kemanusiaan untuk warga Gaza yang dihimpun oleh BAZNAS Kota Solok tersebut diserahkan penuh penanganannya kepada Kedubes Palestina.

Zul menyampaikan bahwa bantuan dari masyarakat Kota Solok yang senilai Rp415 juta itu merupakan sumbangan hasil penggalangan yang telah dihimpun dari masyarakat, instansi, pelajar, ASN, serta pemerintah Kota Solok.

“Nilainya mungkin tidak seberapa dibandingkan penderitaan yang menimpa warga Palestina saat ini. Semoga Allah SWT meridhai atas usaha dan bantuan dari seluruh penjuru dunia untuk rakyat Palestina,” ucap Zul.

Ia mengatakan mewakili seluruh masyarakat Kota Solok yang telah menyalurkan bantuan dan berempati atas dukungan kepada perjuangan rakyat Palestina dan ikut merasakan betapa sulitnya keadaan rakyat Palestina terutama di jalur Gaza.

Ia mengungkapkan sikap serta komitmen pemerintah dan masyarakat Kota Solok selaku saudara sesama Muslim, dalam konteks kenegaraan sangat tegas berada dalam garis perjuangan bersama Palestina karena berdasarkan UUD negara Indonesia menegaskan sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa.

"Bantuan tersebut adalah sebagai bentuk empati dan solidaritas atas situasi yang terjadi di jalur Gaza saat ini," ujar dia.

Ia mengatakan donasi yang telah diserahkan tersebut diterima secara langsung oleh Duta Besar Palestina untuk Indonesia Dr Zuhair Al-Shun di Kantor Kedubes Palestina, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (5/3).

Selain itu, Wali Kota Solok datang ke Kedutaan Besar Palestina bersama Ketua BAZNAS Kota Solok Zaini, Kepala Dinas Kominfo Heppy Dharmawan, dan Kabag Kesra Feri Handria.

Sebelumnya, Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al-Shun menyampaikan rasa terima kasihnya kepada masyarakat Kota Solok, tidak hanya dalam bentuk materil, namun juga bentuk dukungan moril pun sangat berarti bagi masyarakat Palestina terutama di Jalur Gaza yang tengah bertahan dan berjuang untuk negerinya.

“Kami ucapkan apresiasi dan terima kasih atas bantuan saudara kami di Kota Solok, ini adalah sebuah solidaritas yang luar biasa. Semoga Allah SWT membalasnya dengan berlipat ganda,” ucap Zuhair.

Lebih lanjut, Zuhair mengajak masyarakat dunia, khususnya masyarakat Kota Solok dan komunitas muslim, untuk sama-sama memperhatikan bahwa kondisi di Negeri Palestina saat ini sangat buruk. Bahwa rakyat Palestina kondisinya sangat menderita dengan terjadinya konflik dan perang berkepanjangan.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemkot Solok telah serahkan donasi dari masyarakat untuk Palestina