Gubernur Sumbar kucurkan bonus bagi klub bola berprestasi nasional

id Gubernur, Sumbar

Gubernur Sumbar kucurkan bonus bagi klub bola berprestasi nasional

Gubernur Sumbar Mahyeldi saat bertemu pemain dan official Persikopa di Padang. ANTARA/HO-Biro Adpim Sumbar

Padang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi, mengucurkan bonus berupa uang pembinaan sebesar Rp100 juta bagi klub sepak bola asal Kota Pariaman, Persikopa, yang berhasil menorehkan prestasi tingkat nasional dengan meraih runner up Piala Soeratin U-17.

"Bonus ini untuk memotivasi agar Persikopa terus melakukan pembinaan bagi generasi muda dan meningkatkan prestasi pada kejuaraan nasional lainnya dan mengharumkan nama Sumbar," katanya di Padang, Kamis.

Ia mengatakan prestasi yang berhasil diraih Persikopa membuktikan bahwa pemain dan pelatih sepak bola asal Sumbar memiliki kualitas setara dengan daerah lain dan bisa terus bersaing di tingkat nasional.

Menurut dia talenta pesepak bola muda Sumbar harus diberikan pembinaan sejak dini melalui klub sepak bola maupun sekolah sepak bola (SSB) agar bakatnya terasah dan bisa menembus level nasional.

"Pemain-pemain yang berkualitas yang terasah dalam kejuaraan tingkat nasional tentu akan menjadi incaran banyak klub sepak bola profesional di dalam maupun luar negeri," katanya.

Sumbar juga memiliki Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) yang bisa dimanfaatkan untuk menggembleng bakat para talenta muda di cabang sepak bola.

Sejumlah lulusan PPLP Sumbar terbukti bisa menembus ketatnya seleksi Tim Nasional U16 dan U17.

Sementara itu Pj Wali Kota Pariaman, Roberia, mengungkapkan rasa syukur atas dukungan dan apresiasi Gubernur Mahyeldi kepada Persikopa Kota Pariaman. Ia pun berharap agar para pemain Persikopa terus mematangkan diri sehingga dapat dipanggil ke tim nasional.

“Dengan fasilitas dan sarana yang seadanya, Persikopa bisa tampil sampai ke partai final Piala Soeratin U17. Ini adalah sejarah. Apalagi salah satu pemain Persikopa, M Rizal, dipanggil untuk ikut seleksi Tim Nasional U20," ujarnya.