Dekranasda Padang Dorong IKM Tingkatkan Daya Saing Produk

id Ukm, padang, dekranasda

Dekranasda Padang Dorong IKM Tingkatkan Daya Saing Produk

Ketua Dekranasda Kota Padang Ny. Genny Hendri Septa bersama IKM di Padang. (ANTARA/ist)

Padang (ANTARA) - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Padang terus berupaya mendorong industri kecil menengah (IKM) yang ada di Kota Padang. Salah satunya melalui kegiatan pembinaan lapangan terhadap IKM binaan.

"Alhamdulillah kita Dekranasda Kota Padang akan terus gencar melakukan pembinaan bagi IKM-IKM yang ada di Kota Padang. Hari ini 3 (tiga) IKM yang kita kunjungi," ungkap Ketua Dekranasda Kota Padang Ny. Genny Hendri Septa seusai melakukan kunjungan pembinaan kepada tiga IKM di Kota Padang, Kamis (25/1/2024).

Ketiga IKM yang dikunjungi yakni, Achi Craft Gallery yang beralamat di Jalan Kampung Kalawi Kelurahan Lubuk Lintah, Kecamatan Kuranji.

Achi Craft Gallery yang dipimpin oleh pasangan suami istri Vivi dan Candra itu, bergerak di bidang eco print dengan menggunakan media kulit yang diaplikasikan dalam bentuk produk tas, dompet, sepatu, batik serta rajut, macrame dan lainnya.

Selanjutnya kedua, yaitu Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Banang Sahalai di kawasan Dadok Tunggul Hitam, Kecamatan Koto Tangah.

KUBE yang diketuai oleh Ibu Restu ini bergerak dibidang rajut. Beranggotakan lebih dari 50 orang anggota yang telah mempunyai brand masing-masing, IKM Banang Sahalai terus bergerak meningkatkan daya saing produk rajutnya. Salah satunya dengan mengikuti program inkubator bisnis yang diadakan oleh Balai Diklat Industri Padang.

Kemudian ketiga adalah IKM Randang Zara yang berada di kawasan Gurun Laweh, Kecamatan Nanggalo. IKM yang dipimpin oleh Bapak Refdinal dan Ibu Zarneti ini telah memiliki dapur produksi yang higienis serta sesuai dengan CPPOB (cara produksi pangan olahan yang baik).

Salah satu ciri khas Randang Zara selain menyajikam produk Rendang Ikan Bilih Asam dan aneka rendang lainnya, juga bisa memfasilitasi permintaan konsumen untuk penyediaan "Makan Bajamba".

“Melalui kunjungan ini kita bisa memberikan dukungan dan pembinaan secara langsung dengan para pengrajin IKM di Kota Padang. Kita sangat berharap, produk-produk pangan serta kerajinan yang ada di Kota Padang semakin berkembang lagi ke depannya, dan memiliki peningkatan daya saing," imbuh istri Wali Kota Padang menyemangati didampingi jajaran pengurus Dekranasda Kota Padang.*